Waspada! Kotabaru Dihantui Air Pasang Seperut Orang Dewasa Banjarmasin ‘Calap’ Lagi, Perhatikan Barang Elektronik! Demo Besar-besaran, Ribuan Buruh Tabalong Matangkan Persiapan RESMI! Sopir Truk Maut A Yani Banjarmasin Tersangka Tolerannya Muslim di Banjarmasin Bikin Pohon Natal Setinggi 8 Meter

ESDM Kaltim Laporkan Tambang Ilegal di Balikpapan ke Pemerintah Pusat

- Apahabar.com     Kamis, 18 November 2021 - 14:13 WITA

ESDM Kaltim Laporkan Tambang Ilegal di Balikpapan ke Pemerintah Pusat

Ilustrasi tambang ilegal di Kaltim. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Temuan tambang ilegal di Balikpapan berbuntut panjang. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kaltim bahkan telah mengusut temuan ini hingga ke Kementerian ESDM.

Kepala Dinas ESDM Kaltim, Christian Benny mengatakan pihaknya telah melaporkan hal ini kepada pusat. Ia juga mengatakan permasalahan ini sudah masuk ke ranah pidana, sehingga aparat kepolisian saat ini juga tengah melakukan penyelidikan.

“Itu kan sudah ranah pidana. Kemudian masalah ilegal itu kan sudah ada SK Peti-nya dari Dirjen Minerba. Jadi kita hanya mengumpulkan data lalu kita laporkan ke SK PETI (Pertambangan Tanpa Izin) nya yang Dirjen Minerba,” ungkapnya saat dihubungi Kamis (18/11).

Sembari mengumpulkan data-data terkait tambang ilegal di Kaltim, pihaknya juga berkoordinasi dengan inspektorat tambang guna menindaklanjuti tambang ilegal yang disebut-sebut berada dekat kawasan Hutan Lindung .

“Ya, sementara ini inspektur tambang yang sudah jelas tupoksinya di bidang pengawasan. Tentunya juga melibatkan dengan instansi terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan kalau memang itu di dalam kawasan hutan lindung, termasuk Gakkum. Karena Gakkum ini yang mempunyai PPNS nya kalau dia dalam kawasan (Hutan Lindung),” jelasnya.

Christian juga mengatakan persoalan tambang ilegal di Balikpapan harusnya menjadi tupoksi Gakkum dan Kehutanan. Sebab lokasi aktivitas penambangan itu tak jauh dari kawasan Hutan Lindung.

“Itu yang saya lihat lokasinya memang berdekatan dengan Hutan Lindung, artinya disitu ada tupoksinya Dinas Kehutanan sama Gakkum. Harusnya kalau misalnya dia kawasan hutan itu tanggungjawabnya Gakkum karena itu ada izin pinjam pakainya,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Para atlet Kaltim mengikuti tes fisik di Lapangan Sudirman, Balikpapan guna persiapan PON Papua. Foto-Istimewa

Kaltim

Persiapan ke Papua, Kaltim Genjot Fisik Skuat PON
Perampok di Balikpapa

Kaltim

Pengakuan Mengejutkan Perampok di Balikpapan: Saya Ditawari Berhubungan Badan!
TPU

Kaltim

Jelang Ramadan, TPU Covid-19 di Balikpapan Mulai Ramai Dikunjungi

Kaltim

Terpapar Covid-19, WNA Selandia Baru di Lapas Balikpapan Meninggal
PPKM

Kaltim

PPKM Level 4 di Balikpapan Diperpanjang hingga 23 Agustus

Kaltim

Update Kasus Covid di Balikpapan, Sejumlah Klaster Bermunculan
Gendam

Kaltim

Jukir Balikpapan Kena Gendam, Pundak Ditepuk, Motor Melayang
Balikpapan

Kaltim

Wali Kota Balikpapan Mulai Bersih-Bersih Rumdin, Meja Biliar hingga Ikan Koi Diangkut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com