Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Harga Minyak Dunia Naik, Pertalite Diusulkan Jadi PSO

- Apahabar.com     Rabu, 3 November 2021 - 07:34 WITA

Harga Minyak Dunia Naik, Pertalite Diusulkan Jadi PSO

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pengamat Migas Inas Nasrullah Zubir berpendapat jika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dibiarkan seperti saat ini di tengah kenaikan harga minyak dunia maka akan berdampak besar pada Pertamina.

Untuk itu, dia mengusulkan Pertalite menjadi Public Service Obligation (PSO) dari pemerintah, apabila tidak memungkinkan untuk mengambil kebijakan menaikkan harga BBM.

Dampak pembiaran harga Pertalite tidak hanya pada kondisi keuangan BUMN itu, namun juga berpengaruh terhadap kontribusi kepada kas negara dan masyarakat.

“Kita berharap agar pemerintah memikirkan kompensasi untuk menjadikan sebagai PSO, mengingat dana yang harus ditanggung Pertamina cukup besar. Oleh karena itu pemerintah harus memberikan bantuan atau kompensasi terhadap harga Pertalite,” ujarnya di Jakarta, seperti dilanisr Liputan6.com dari Antara, Selasa (2/11).

Nantinya, PSO Pertalite bisa dapat dimasukkan ke dalam Program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pemerintah bisa memberikan subsidi Pertalite seperti harga Premium dan Solar.

Selain itu, seharusnya PSO dibebankan kepada pemerintah bukan kepada BUMN. “Masukkan ke dalam pemulihan ekonomi nasional terkait masalah PSO ini. Artinya diperhitungkan juga untuk PSO energi. Karena selama ini, yang ada hanya subsidi Premium dan Solar,” lanjut dia.

Sebelumnya Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mengakui Pertamina menanggung rugi terhadap penjualan BBM jenis Pertalite.

Menurut Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Soerjaningsih, harga keekonomian Pertalite (RON 90) sebenarnya sudah berada di atas Rp11.000 per liter. Sedangkan Pertamina masih menjual jauh di bawah harga tersebut, yaitu Rp7.650 per liter.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Syamsudin Noor

Ekbis

Kuatir Mahal, Pesanan Tiket Pesawat di Kalsel Meningkat

Ekbis

Jelang Rilis Data Cadangan Devisa, Hari Ini IHSG Diramal Menguat
Bjb

Ekbis

Kado Awal Tahun, Bank Bjb Gaet Indonesia Good Corporate Governance Award 2021
apahabar.com

Ekbis

Tri Indonesia Ajak Pelanggan Bantu Tim Medis Lawan Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Xiaomi Siapkan Smartphone Baru, Begini Bocorannya
Bjb

Ekbis

‘Beli Bali’, bank bjb Dukung Inisiasi Pemprov Jabar-Bali
apahabar.com

Ekbis

Dolar AS Tertekan Data Ekonomi, Rupiah Menguat
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 per Gram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com