Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Hari AIDS Sedunia di Tanbu, Forum Anak Daerah Ambil Peran Lakukan Pencegahan

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar "Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS" di Hotel Ebony Batulicin......
- Apahabar.com     Selasa, 30 November 2021 - 14:33 WITA

Hari AIDS Sedunia di Tanbu, Forum Anak Daerah Ambil Peran Lakukan Pencegahan

KPA Kabupaten Tanah Bumbu menggelar "Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS" di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (30/11). Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar “Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS” di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (30/11).

Acara digelar dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember. Ada 40 orang peserta dari Forum Anak Daerah Tanah Bumbu.

“Ada banyak sekali materi yang kami terima hari ini. Harapannya agar kegiatan ini mampu mendorong pemuda-pemudi untuk melakukan pencegahan HIV/AIDS mengingat Tanah Bumbu menjadi salah satu wilayah terbanyak yang terdampak,” sebut Ketua Forum Anak Kecamatan Angsana, Eka Widia Noercahya, Selasa (30/11).

Salah satu cara pencegahannya, Forum Anak Daerah Kecamatan Angsana rutin melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman betapa bahayanya HIV/AIDS.

Di samping itu, kata dia, Forum Anak Daerah juga akan melakukan kerja sama dengan Dinas Sosial dan Satpol PP untuk menertibkan warung remang-remang yang ada di sekitar kawasan pertambangan.

“Untuk memutus dulu mata rantai pertama agar jangan sampai terjadi pergaulan bebas yang memungkinkan timbulnya penyakit AIDS tersebut,” ucapnya.

Kepala SMPN 3 Satap Angsana, Adriati Kurniasih, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut dia Forum Anak Daerah memiliki peran yang besar untuk menjadi pelopor dan pelapor terhadap masalah HIV/AIDS.

“Mereka akan menjadi tutor sebaya yang akan menyampaikan informasi tentang HIV/AIDS bagaimana bahaya dan cara penanggulangan, kepada remaja sebaya mereka di kecamatan masing-masing,” kata Bunda Ririe, sapaan akrabnya.

Hal yang sama disampaikan Staf Pemmas Kessos Kecamatan Angsana, Ridwan, ikut menyambut baik acara tersebut. Dengan cara itu, anak-anak yang menjadi anggota Forum Anak Daerah dapat memiliki tambahan wawasan terkait HIV/AIDS.

Sekretaris KPA Kalsel, Mursalim, mengungkap ada dua wilayah dengan jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi di Tanah Bumbu yaitu Kecamatan Satui dan Angsana.

Sementara di Kalsel, Tanah Bumbu menjadi wilayah dengan penderita terbanyak setelah Banjarmasin.

Sementara Sekretaris KPA Tanah Bumbu, Yadi Mahendra, mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan setelah pemilihan Duta AIDS tingkat kecamatan.

“Kemudian nanti bertepatan dengan hari AIDS sedunia pada 1 Desember akan dilaksanakan pemilihan Duta AIDS Kabupaten Tanah Bumbu,” katanya.

AIDS Sedunia

Forum Anak Daerah Kecamatan Angsana dan pendamping saat menghadiri “Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS”. Foto-Ist

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksin

Tanah Bumbu

Vaksin Covid-19 Tahap Dua Tiba di Tanbu
Banjir Satui

Kalsel

Banjir Satui Tanbu, Ratusan Warga Masih Mengungsi, Puluhan Ribu Terdampak
apahabar.com

Tanah Bumbu

Bersama Forkopimda, Sekda Tanbu Ikut Serta Peringati HUT Ke-75 TNI Secara Virtual
Dandim Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Hari Ini, Dandim Tanah Bumbu Genap Berusia 42 Tahun

Tanah Bumbu

Tabrakan Maut di Mantewe Tanbu, Tiga Orang Tewas di Tempat

Tanah Bumbu

Yayasan Haji Maming Gelar Vaksin untuk Karyawan dan Warga Sekitar
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Satpol PP dan Damkar Tanbu, Dit Binmas Polda Kalsel Ingatkan Protokol Kesehatan
Petani Sawit

Tanah Bumbu

Harga Stabil, Petani Sawit di Sari Gadung Tanbu Bisa Tersenyum
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com