Via Jamela, KPK Dalami Keperluan Pribadi Bupati HSU 5 Kali HST Diterjang Banjir, Mitigasi Mestinya Dicermati Pemkab Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch! Ssttt! Wanita di Pusaran Bupati HSU Diperiksa KPK Lagi Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok

Hasanuddin Murad Gencar Sosialisasikan Perda Perkebunan Berkelanjutan

- Apahabar.com     Sabtu, 20 November 2021 - 16:01 WITA

Hasanuddin Murad Gencar Sosialisasikan Perda Perkebunan Berkelanjutan

Anggota DPRD Kalsel, H Hasanuddin Murad saat sosialisasi Perda Perkebunan Bekelanjutan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Perkembangan sektor perkebunan kelapa sawit di berbagai wilayah di Kabupaten Barito Kuala sangat menggembirakan.

Hal itu tentu harus dibarengi kesadaran masyarakat-para pelaku terhadap berbagai peraturan perundangan yang berlaku yang berkaitan dengan perkebunan kelapa sawit.

Salah satunya adalah dengan mempelajari Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan.

“Meski Perda ini tidak secara detil membahas mengenai perkebunan kelapa sawit, namun di dalamnya mengatur hak dan kewajiban serta ancaman hukuman yang wajib diketahui dan ditaati oleh semua pelaku usaha perkebunan, baik yang berskala besar (perusahaan) maupun skala kecil yang dikelola secara perorangan,” ucap anggota DPRD Kalsel H Hasanuddin Murad saat melakukan Sosialisasi Perda kepada puluhan pelaku usaha perkebunan sawit Desa Karya Tani Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala.

Suami Bupati Batola Hj Noormiliyani ini menambahkan, pada dasarnya perda ini mewajibkan kepada setiap pelaku usaha perkebunan baik usaha budidaya maupun usaha pengolahan hasil perkebunan atau usaha industri pengolahan hasil perkebunan dengan kapasitas pabrik agar melengkapi usahanya dengan surat izin pengelolaan usaha perkebunan dan surat izin pendukung lainnya.

“Harapan saya, bapak-ibu dapat menyampaikan informasi ini kepada warga yang lain tentang pentingnya mempelajari isi Perda No.2 Tahun 2013 ini”, pinta Bupati Batola 2 periode ini.

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Barito Kuala H Suwartono Susanto menambahkan, pihaknya akan membantu memfasilitasi kepada warga atau pelaku usaha perkebunan yang akan mengajukan permohonan izin usahanya sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Disbunak Batola.

“Sesuai kewenangan, kami siap membantu menerbitkan Izin Usaha Perkebunan terintegrasi Pabrik (IUP), Izin Usaha Perkebunan Budidaya (IUP-B) dan Izin Usaha Perkebunan Pengolahan (IUP-P). Termasuk penerbitan STDB sebagai legalitas terhadap lahan kebun masyarakat yang membudidayakan komoditas perkebunan seperti sawit, kepala dalam, karet, dan lain-lain”, tandasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

DPRD Prihatin Sabu 1 Kg dalam Kemasan Teh Masuk Kalsel
Legislator Kalsel

DPRD Kalsel

Banjir di Kabupaten Banjar, Legislator Kalsel Sorot Langkah Pemkab

DPRD Kalsel

Sosper di Ulu Benteng Marabahan, Hasanuddin Murad: Pelaku Usaha Perkebunan Wajib Kantongi Izin

DPRD Kalsel

Anggota Komisi II DPRD Kalsel Sosialisasi Perda Zonasi di Tanbu
Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola

DPRD Kalsel

Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola
dprd kalsel

DPRD Kalsel

Masyarakat Berharap Kehadiran Pemprov Kalsel Terasa Hingga Desa
Reses

DPRD Kalsel

Warga Desa Kambat Batola Keluhkan Air Bersih
apahabar.com

DPRD Kalsel

Demo Mahasiswa Kalsel, Dewan Sepakat Tolak Revisi UU KPK dan KUHP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com