Demo Besar-besaran, Ribuan Buruh Tabalong Matangkan Persiapan RESMI! Sopir Truk Maut A Yani Banjarmasin Tersangka Tolerannya Muslim di Banjarmasin Bikin Pohon Natal Setinggi 8 Meter Sudah 2 Ibu di Tanah Bumbu Coba Akhiri Hidup, IPK Sentil Peran Pemerintah HKN Banjarmasin Dilidik Jaksa, Pencegahan Covid-19 Jangan Mengendur

Jelang Nataru, Pemprov Kalteng Antisipasi Kelangkaan Bapok

- Apahabar.com     Jumat, 26 November 2021 - 15:58 WITA

Jelang Nataru, Pemprov Kalteng Antisipasi Kelangkaan Bapok

Ilustrasi kebutuhan pokok. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berupaya mengantisipasi terjadinya kelangkaan barang kebutuhan pokok atau bapok.

Kesiapan itu dilakukan Pemprov Kalteng pada jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

“Kami minta dinas dan instansi terkait mengantisipasi agar stok tidak terjadi kelangkaan,” kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Pemprov Kalteng, Lies Fahimah di Palangka Raya, Kamis (26/11) dilansir Antara.

Pihaknya menekankan hal tersebut, sebab kelangkaan jika terjadi, akan berdampak pada fluktuasi harga dan berimbas pada daya beli masyarakat, utamanya mereka yang kurang mampu. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Menurutnya berdasarkan laporan yang diterima, secara umum harga barang kebutuhan pokok dalam kondisi stabil dan stok mencukupi untuk periode Nataru.

“Hanya saja terdapat sejumlah komoditi yang harus menjadi perhatian, yakni minyak goreng, cabai dan telur ayam ras,” katanya.

Untuk itu seluruh dinas yang membidangi perdagangan dan terkait lainnya di seluruh kabupaten dan kota, agar mengawal pendistribusiannya di masyarakat.

Kemudian kabupaten dan kota diminta terus berkoordinasi untuk memastikan kecukupan dan ketersediaan barang kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

“Mengingat barang kebutuhan pokok di Kalteng sebagian besar dipasok dari luar daerah, sehingga perlu adanya antisipasi,” jelasnya.

Lebih lanjut meminta agar dioptimalkannya fungsi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) diantaranya pengaktivan pasar penyeimbang di daerah masing-masing.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Aster Bonawaty menyampaikan, pihaknya terus berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

“Kami terus bersinergi dan melakukan pengawasan maupun pengawalan, baik pada kegiatan pasar hingga alur pendistribusian,” katanya.

Untuk itu sebagai langkah pemantapan, pihaknya melaksanakan rakor stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok jelang Natal dan tahun baru tersebut.

Melalui rakor ini, pihaknya berkoordinasi bersama pihak terkait dalam rangka menjaga stabilitas dan stok, hingga memantau kesiapan daerah dalam menjaga kelancaran arus distribusi barang.

“Sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik di periode Natal dan Tahun Baru,” ungkap Aster.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Jadi Pengedar Sabu, Penghuni Barak di Rindang Banua Palangka Raya Diringkus Polisi
Sabu

Kalteng

Lagi, Gegara Sabu Oknum Sekuriti PBS di Kapuas Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

Buka Rakor PCNU, Plt Bupati Kapuas Kalteng Harapkan NU Terus Berjaya
Kuala Kapuas

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: Positif Bertambah 4 Orang, Semuanya dari Kelurahan Selat Dalam
DPRD Kalteng Desak Angkasa Pura Buka Rute Palangka Raya-Malang

Kalteng

DPRD Kalteng Desak Angkasa Pura Buka Rute Palangka Raya-Malang

Kalteng

Penyidik Kejaksaan Palingkau Kapuas Geledah Rumah dan Kantor Desa Dadahup
apahabar.com

Kalteng

Koordinasi Pengamanan Pilkada, Kapolres dan Dandim Kapuas Temui KPU
apahabar.com

Kalteng

Jamaah Haji Kapuas 2020 Diprioritaskan Barangkat 2021
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com