Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Jokowi-Putra Mahkota Abu Dhabi Perkuat Kerja Sama Bidang Mangrove

- Apahabar.com     Kamis, 4 November 2021 - 10:19 WITA

Jokowi-Putra Mahkota Abu Dhabi Perkuat Kerja Sama Bidang Mangrove

Presiden Jokowi menanam pohon mangrove di dekat lokasi penanaman pohon oleh Putra Mahkota Abu Dhabi, Jubail Mangrove Park, Abu Dhabi. Foto-Biro Pers/Setpres

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang mangrove dan riset.

Terlebih, mangrove memiliki arti yang penting dalam isu perubahan iklim dan Indonesia memiliki mangrove terbesar di dunia.

Hal ini dibahas saat Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota MBZ di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Rabu 3 November 2021. Keduanya akan melakukan kerja sama yang lebih strategis di bidang mangrove.

“Crown Prince sangat mengapresiasi upaya Indonesia untuk melakukan reservasi dan rehabilitasi mangrove. Ke depan, kedua pemimpin sepakat untuk melakukan kerja sama yang lebih strategis di bidang mangrove,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dikutip dari Liputan6.com, Kamis (4/11).

Setelah bertemu Putra Mahkota MBZ, Jokowi meninjau Jubail Mangrove Park yang terletak di Pulau Al Jubail, Abu Dhabi. Dalam perjalanan menuju Jubail Mangrove Park, dia melewati Joko Widodo Street dan melintasi Masjid Presiden Joko Widodo.

Jokowi juga menyempatkan melihat pembangunan kantor baru KBRI Abu Dhabi dari kendaraan yang ditumpanginya. Dia disambut Menteri Energi dan Infrastruktur PEA Suhail Al Mazrouei dan Direktur Utama Jubail Island Investment Company Mounir Haidar saat tiba di Jubail Mangrove Park.

Setelah mendengar penjelasan tentang kawasan tersebut, Jokowi berjalan kaki melintasi jembatan kayu atau broadwalk sejauh 300 meter untuk melihat tanaman mangrove.

Jubail Mangrove Daya tarik utama Jubail Mangrove Park adalah boardwalk tersebut, yang terdiri dari tiga rute berbeda. Jalur yang terpanjang adalah 2 kilometer, yang jarak menengah adalah 1,6 kilometer, dan rute terpendek adalah 1 kilometer.

Jubail Mangrove Park sendiri merupakan taman hutan bakau pertama di Abu Dhabi dengan luas 120 ribu meter persegi yang mulai dibuka pada Kamis, 30 Januari 2020.

Dilansir dari situs resminya, atraksi ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran, apresiasi, dan pemahaman tentang fungsi ekologis yang penting dari habitat bakau yang mencakup perlindungan garis pantai Abu Dhabi dan mendukung keanekaragaman hayati.

Sebelum meninggalkan Jubail Mangrove Park, Jokowi menanam pohon di dekat lokasi penanaman pohon oleh Putra Mahkota Abu Dhabi.

Seperti diketahui, penanaman mangrove bukan hal yang asing bagi Presiden Jokowi. Terakhir, Jokowi menanam mangrove bersama sejumlah duta besar negara sahabat dan masyarakat di Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Daftar Lengkap Mutasi

Nasional

Daftar Lengkap Mutasi-Promosi 108 Perwira Tinggi TNI, Ada Junior Tumilaar
apahabar.com

Nasional

Tutup Debat, Prabowo-Sandi: Kepemilikan Freeport hingga Janji Tak Ambil Gaji
Indonesia bisa masuk Inggris tanpa karantina

Nasional

Dihapus dari Daftar Merah, Inggris Izinkan Pendatang Indonesia Masuk Tanpa Karantina

Nasional

Pemerintah Resmi Buka Seleksi Guru PPPK 2021
apahabar.com

Nasional

Memanas, Ketua DPRD Kalsel Tak Mau Disuruh Duduk Pedemo
apahabar.com

Nasional

TNI-AU Bantah Halangi Pesawat Prabowo

Nasional

Warning Menaker: Pengusaha Tak Boleh Cicil THR!
Aceh

Nasional

Ngeri! Tompi Sebut Ada Pedagang Positif Covid-19 di Aceh Masih Berjualan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com