Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Musnahkan Belasan Ribu Berkas WNI dan WNA

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melakukan pemusnahan belasan ribu berkas Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA)....
- Apahabar.com     Selasa, 30 November 2021 - 16:02 WITA

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Musnahkan Belasan Ribu Berkas WNI dan WNA

Pemusnahan berkas WNI dan WNA di Kabupaten Tanah Bumbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melakukan pemusnahan belasan ribu berkas Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA), Selasa (30/11)

Kegiatan Pemusnahan Arsip Fisik Substantif Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Tahun 2021 tersebut dilaksanakan dengan cara dibakar.

Kegiatan pemusnahan dihadiri Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Tejo Harwanto, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti M Iberahim, serta disaksikan Biro Umum Sekretariat Jendral Kemenkumham RI, Bimo Aji P.

Menurut Bimo Aji, pemusanahan arsip tersebut merupakan langkah meniadakan arsip, sehingga tidak bisa diakses lagi.

“Kami memberikan apresiasi dari Biro Umum karena Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin sudah berpartisipasi dalam mensukseskan gerakan nasional pemusnahan arsip ini. Harapannya setelah pemusnahan ini sudah menghilangkan informasi data yang sudah lalu,” beber Bimo.

Sementara itu, Kakanwil Provinsi Kalsel, Tejo Harwanto, mengatakan pemusnahan ini merupakan yang pertama dilaksanakan selama ia menjabat di Kanwil Kalsel, karena di tempat lain hanya penyusutan dokumen saja, belum ada pemusnahan.

“Arsip ini adalah dokumen yang harus dimusnahkan, sehingga tak bisa diakses lagi, yakni pemusnahan yang dianggap tidak ada gunanya lagi dan jangka waktunya sudah memenuhi syarat untuk dimusnahkan,” jelasnya.

Ia menyebut berkas yang dimusnahkan itu adalah data pribadi dan tidak boleh disalahgunakan. Data itu ditakutkan disalahgunakan, sehingga perlu dimusnahkan agar tidak bisa dibuka atau diakses lagi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti M Ibrahim, menambahkan data yang dimusnahkan tersebut sejak tahun 2010 dan sudah tidak berfungsi lagi, sehingga perlu dimusnahkan.

“Jumlahnya sekira 15 ribu data WNI dan 3 ribu data WNA. Secara sistem sudah dihapus, tinggal pemusnahan bentuk fisiknya,” pungkasya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Sertijab di Polres Tanbu, Kabag Ops dan Kasat Lantas Berganti

Tanah Bumbu

Kerugian Diperkirakan Miliaran Rupiah, Puluhan Korban Investasi Bodong Melapor ke Mapolres Tanbu
Pasien Covid-19

Tanah Bumbu

Terus Melandai, Pasien Covid-19 di Tanbu Tersisa 75 Orang
apahabar.com

Tanah Bumbu

Tak Gelar Open House Iduladha, Pemkab Tanbu Sampaikan Ini di Medsos
apahabar.com

Tanah Bumbu

38 Warga di Desa Bulu Rejo Terima BLT Jaringan Pengaman Sosial
Banjir

Tanah Bumbu

Breaking! 5 Desa di Satui Tanbu Mulai Terendam Banjir
Rapat pemekaran Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat. Foto-apahabar.com/Syahriadi

Tanah Bumbu

Warga Sari Gadung Gelar Rapat Pemekaran Desa
AKBP Himawan Sutanto Saragih (tengah), AKBP Tri Hambodo (kanan), Kompol Novy Adi Wibowo (kiri). Foto-apahabar.com/Syahriadi.

Tanah Bumbu

Pisah Sambut Kapolres Tanbu, AKBP Himawan Pamit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com