Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Kapal Sembako Banjarmasin-Tarakan Ditemukan, 3 Awak Kapal Selamat

- Apahabar.com     Senin, 1 November 2021 - 13:17 WITA

Kapal Sembako Banjarmasin-Tarakan Ditemukan, 3 Awak Kapal Selamat

KM Arrahman ditemukan. Foto: Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan KM Arrahman yang mengangkut sembako dari Banjarmasin menuju Tarakan, Kaltara, pada Senin (1/11) di Perairan Balikpapan sekira pukul 10.30 wita.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Melkianus Kotta.

Kapal tersebut ditemukan pertama kali oleh nelayan yang membantu menariknya dari perairan Balikpapan menuju daratan.

“Ini hari ketiga kita operasi. Terus ada laporan bahwa korban ini posisinya sudah diketahui. Akhirnya kami minta koordinat dan kita menuju koordinat tersebut dan akhirnya kita temui bahwa korban ini ditarik oleh nelayan,” katanya dihadapan awak media.

Tim SAR yang tiba di lokasi tersebut mendapati kondisi tiga orang korban bernama Jamal (nahkoda), Burhan dan Nasrin dalam keadaan selamat.

Para korban Kapal KM Ar Rahman berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Foto-apahabar.com/Istimewa

Kapal pun terlihat dalam kondisi baik, hanya saja mesin dalam keadaan mati saat perjalanan dari Banjarmasin menuju Tarakan.

“Kondisi saat ditemukan posisi para korban ini dalam keadaan sehat, kapal juga dalam keadaan normal. Cuma memang keadaan kemarin itu karena kerusakan mesin jadi tidak bisa berkomunikasi. Ini didapat di Balikpapan, kurang lebih 19 nautical mile dari Balikpapan atau sekitar 36 kilometer,” ungkapnya.

Melki menjelaskan bahwa saat itu kapal tersebut mengangkut bahan pokok pada tanggal 25 Oktober menuju Tarakan pukul 07.00 wita. Dalam perjalanan mesin kapal mati dan awak kapal kesulitan berkomunikasi. Bahkan Tim SAR yang sudah melakukan pencarian informasi sejak 28 Oktober tidak bisa menghubungi kapal tersebut.

“Kejadian pada tanggal 28 Oktober kami coba gali informasi, pada hari ketiga ini berkat doa dari masyarakat dan dukungan dari relawan bisa ditemui,” tuturnya.

Kapal tiba di Balikpapan sekira pukul 12.20 wita di Pelabuhan Somber. Dalam proses evakuasi, dua orang awak kapal menumpang di kapal KN Wisanggeni milik Basarnas. Sementara satu orang berada di kapal KM Arrahman sembari ditarik menuju Balikpapan.

“Dengan selesainya operasi ini, maka kegiatan operasi ditutup. Seluruh relawan dan unsur SAR lainnya dikembalikan ke satuannya masing-masing,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Plaza Balikpapan

Kaltim

Plaza Balikpapan Kena Kartu Kuning, Tak Boleh Gelar Event 14 Hari
apahabar.com

Kaltim

Gafur Jamin Masyarakat PPU Dukung Pelaksanaan PSN
Balikpapan

Kaltim

Dikira Habis Kampas Kopling, Mobil di Balikpapan Tiba-Tiba Terbakar

Kaltim

Curi Kabel Telkom di Kaltim, Tiga Tersangka Dapat ‘Hadiah’ Restorative Justice
Ilustrasi. Foto-Net

Kaltim

Korban Tewas Pesawat Rimbun Air Dimakamkan di Balikpapan
Rahmad Masud

Kaltim

Resmi Jadi Wali Kota Balikpapan, Ini Janji Rahmad Masud

Kaltim

APD Vaksinator di Balikpapan Bikin Gemes, Lebih Irit dan Efisien
Komisi II DPR RI

Kaltim

Proses IKN Masih Panjang, Komisi II DPR RI: Draf RUU Saja Belum Masuk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com