Kejagung Tetapkan Seorang Pengacara Sebagai Tersangka Kasus LPEI Kaltim Raup Rp 19,8 M dari Pisang Kepok Gerecek di Expo Pangan Nusantara Respons Bupati Barito Timur Soal Warning Mensos Risma Terkait Banjir ‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai Kala Tapin Siap Jadi Lumbung Pangan IKN Baru di Kaltim

Kawasan Industri Jorong, Bupati Sukamta: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Tala

- Apahabar.com     Sabtu, 6 November 2021 - 15:24 WITA

Kawasan Industri Jorong, Bupati Sukamta: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Tala

Ilustrasi Kawasan Industri Jorong. Foto: Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala), telah mereview atas governance tata kelola Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan Kawasan Industri (KI) Jorong.

Bupati Tala, HM Sukamta, mengatakan dengan adanya KI Jorong diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi seluruh masyarakat di wilayah setempat, khususnya warga Kecamatan Jorong.

Bupati Sukamta menjelaskan, jika KI Jorong terus berkembang maka akan memberikan multiplier effect (efek berganda) yang memberi pengaruh luas untuk pertumbuhan ekonomi, akibat ditimbulkan oleh pengeluaran nasional dan mempengaruhi peningkatan pendapatan serta konsumsi daerah.

“Baik dari munculnya Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti warung-warung, munculnya tempat penyewaan tempat tinggal atau gudang, naiknya harga tanah serta munculnya usaha katering dan warung makan akan mendorong produktivitas masyarakat kita, terlebih sayurnya, ikannya serta bahan baku lainnya dari masyarakat kita juga,” kata Bupati Sukamta, Sabtu (6/11).

Sementara itu, terkait review atas tata kelola PSN pembangunan KI Jorong oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel), Bupati Sukamta menuturkan bahwa BPKP Perwakilan Kalsel memberikan beberapa rekomendasi, di antaranya merekomendasikan adanya peningkatan promosi secara digital KI Jorong kepada kedutaan-kedutaan besar.

“Dan tentu kita mendetailkan lagi KI Jorong, tahun depan kita petakan lagi mana yang akan menjadi klaster agro/perkebunan, industri pangan, mineral dan sumber daya alam. Ini yang harus dilakukan sehingga ketika ditawarkan KI Jorong menjadi menarik dengan itu banyak pihak yang ingin mengelolanya,” tutur Bupati Sukamta.

Bupati Sukamta juga menekankan bahwa pemerintah daerah akan terus membangun infrastruktur pendukung untuk KI Jorong, supaya kawasan tersebut siap secara infrastruktur, baik itu secara transportasi, jalan, energi dan sumber daya air.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warga Takisung dan Pelaihari Kena Imbas Kelangkaan Elpiji
apahabar.com

Kalsel

Masih Berlakukan Jam Aktivitas Jual Beli, Kadis Perdagangan Beberkan Alasan Keselamatan
Pelatihan Kemandirian

Kalsel

Bapas Batulicin Gelar Pelatihan Kemandirian Bagi Warga Binaan
apahabar.com

Kalsel

Per April 2019 Instrumen Penilaian Akreditasi A Berubah, Rektor ULM Was-was
apahabar.com

Kalsel

Pisah Sambut Kasat Intelkam Polres Banjar, AKP Rudi: Silaturahmi Jangan Putus
Covid-19

Kalsel

7 Lagi Warga Kotabaru Positif Covid-19, 9 Orang Sembuh
Bank Kalsel

Kalsel

Bank Kalsel Barabai Berbagi Hadiah, dari Motor Hingga Dana CSR
apahabar.com

Kalsel

Nenek di Kotabaru Tak Berdaya Pasca-Tambang Batu Bara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com