Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital Melalui Literasi Digital Netizen Fair 2021

- Apahabar.com     Minggu, 21 November 2021 - 19:45 WITA

Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital Melalui Literasi Digital Netizen Fair 2021

Kementerian Kominfo ajak masyarakat Indonesia makin cakap digital melalui Literasi Digital Netizen Fair 2021. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital berkembang dengan sangat masif dan pesat yang menuntun pada berbagai perubahan besar yang terjadi di berbagai bidang.

Kehadiran teknologi digital telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, layaknya dua sisi koin, teknologi digital pun mendatangkan berbagai bahaya yang mengintai setiap penggunanya.

Terlebih, saat ini Indonesia juga sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital yang diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri yang juga diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia talenta digital.

Merespons kebutuhan tersebut, tahun ini Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang menyasar 12,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya program literasi digital adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan tersebut, maka di penghujung tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring akan melaksanakan puncak acara Literasi Digital yaitu Netizen Fair 2021, yang akan dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai Kota/Kabupaten dan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2021.

“Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital,” tutur Semuel Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo.

Lebih dari itu, guna memperkuat kapasitas talenta digital sekaligus mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, program ini melaksanakan berbagai kegiatan secara rutin, dan dalam kegiatan tersebut, nantinya akan terdapat dua kelas “Netizen Talks” serta talkshow interaktif “Ngobrolin Literasi Digital” yang akan membahas Empat Pilar Literasi Digital dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang memiliki keahlian di bidang literasi digital.

Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Banjarmasin

Secara khusus, di Kota Banjarmasin kegiatan Netizen Fair 2021 ini akan diadakan di Hotel G’Sign Banjarmasin. Adapun, kelas “Netizen Talks” yang akan dihadirkan pada kegiatan ini adalah kelas Cek Fakta dan kelas Public Speaking. Sementara itu, tema-tema talkshow “Ngobrolin Literasi Digital” yang akan diangkat dalam kegiatan ini ialah: (1) Mengenal Lanskap Digital; (2) Netiket Masyarakat Digital (3) Teknologi Merajut Toleransi dan (4) Aman, Nyaman dan Kreatif di Internet. Tidak hanya menghadirkan kelas dan talkshow mengenai literasi digital, pada kegiatan ini juga akan disajikan kegiatan-kegiatan menarik seperti stand up comedy, serta pertunjukan seni dan musik.

Kegiatan Netizen Fair 2021 ini merupakan kegiatan gratis yang terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapat mendaftar kegiatan ini melalui link https://s.id/ldnfbanjarmasin Adapun informasi lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi @siberkeasi. (Adv)

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 5.516 Positif, 548 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Insiden Nduga: Tentara Nasional Papua Barat Menyatakan Bertanggung Jawab
THR

Nasional

Sudah Lebaran, Tapi THR Belum Dibayar? Pengusaha Kena Sanksi

Nasional

Menkes Berharap Seniman-Budayawan Jadi Teladan Lansia Jalani Vaksinasi
Kantor BPOM Kebakaran

Nasional

Kantor BPOM Kebakaran, Belasan Mobil Damkar Diterjunkan
apahabar.com

Nasional

Kongres I SMSI, Pemilihan Ketum Jadi Agenda Utama
apahabar.com

Nasional

Ada Jual Jasa Memviralkan Hoaks
apahabar.com

Hukum

Ini Ancaman Hukuman Terhadap Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com