Jelang Nataru di Tabalong, 4 Warga Beserta Ratusan Botol Miras Diamankan Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Resmi, Pengurus MUI Kotabaru Dikukuhkan Lagi! Pipa PDAM Bandarmasih Bocor, Off 6 Jam, Sejumlah Wilayah Terdampak Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik

Komitmen Indoensia-UEA Prioritaskan Kerja Sama Pembangunan IKN, Transisi Energi dan Perdagangan

- Apahabar.com     Jumat, 5 November 2021 - 08:37 WITA

Komitmen Indoensia-UEA Prioritaskan Kerja Sama Pembangunan IKN, Transisi Energi dan Perdagangan

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Hipmi Mardani H Maming di Dubai, Kamis (4/11). Foto: Setpres RI

apahabar.com, DUBAI – Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Uni Emirat Arab (UEA) selama dua hari telah menghasilkan komitmen bisnis dan investasi senilai 32,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp469,9 triliun.

Presiden Jokowi menyampaikan tiga sektor pembangunan di Indonesia yang bisa dijadikan prioritas kerja sama antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA).

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Indonesia–PEA Investment Forum yang berlangsung di Dubai, Kamis, 4 November 2021.

“Yang pertama, pembangunan ibu kota baru Indonesia. Untuk membangun ibu kota baru setidaknya dibutuhkan dana sebesar USD35 miliar,” ucap Presiden Jokowi.

Sektor kedua adalah di bidang transisi energi. Presiden Jokowi berkomitmen akan lakukan transisi ini sebaik mungkin dengan mengundang investor dan teknologi dengan harga terjangkau.

“Jika anda tertarik melakukan investasi untuk energi baru dan terbarukan, ini adalah saat yang tepat. Potensi yang dimiliki Indonesia cukup banyak dan beragam, hidro, surya, panas bumi dan lain-lain,” kata Presiden di depan para investor PEA.

Sektor prioritas ketiga yang disampaikan Presiden adalah di sektor perdagangan. Presiden Jokowi menekankan pentingnya diversifikasi perdagangan dan mulai menegosiasikan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA).

“Saya harapkan pada Maret tahun depan perundingan sudah akan selesai,” ujar Presiden Jokowi.

Setelah menghadiri Indonesia–PEA Investment Forum, Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan MoU antara Kementerian Investasi/BKPM dengan Air Products and Chemical asal Amerika Serikat di industri gasifikasi batu bara dan turunannya yang dihadiri langsung Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Shefi Ghasemi, Presiden, Chairman, sekaligus CEO dari Air Products and Chemical secara virtual.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara Indonesia-PEA Investment Forum yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan M. Lutfi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk PEA Husin Bagis, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid dan Ketua Umum Hipmi Mardani H Maming.

Indeneia-UEA

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Indonesia–PEA Investment Forum yang berlangsung di Dubai, Kamis (4/11). Foto: Setpres RI

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Inggris

Internasional

Inggris Menanti Peran Indonesia di Indo Pasifik
apahabar.com

Internasional

Covid-19 di AS dan Eropa Melonjak, Harga Minyak Anjlok 3%
Penerapan Syariah

Ekbis

Dukung Penerapan Syariah, Bank Mandiri Pamit dari Aceh Mulai 30 Juli
Bjb

Ekbis

Strategi bank bjb Tetap Tumbuh Positif di Tengah Pandemi Covid-19
BPD HIPMI Kalsel

Ekbis

Kembalikan Berkas Pendaftaran, Tiga Caketum BPD HIPMI Kalsel Siap Bersaing

Internasional

Drummer Rolling Stones Wafat, Personel The Beatles Tak Kuasa Menahan Sedih
Minum Kopi

Internasional

Pandemi, Warga Kairo Makin Hobi Minum Kopi
Minyak Goreng Alif

Ekbis

TOP! Minyak Goreng Alif Produksi PT SDO Tembus Pasar Kalselteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com