Banjarmasin ‘Calap’ Lagi, Perhatikan Barang Elektronik! Demo Besar-besaran, Ribuan Buruh Tabalong Matangkan Persiapan RESMI! Sopir Truk Maut A Yani Banjarmasin Tersangka Tolerannya Muslim di Banjarmasin Bikin Pohon Natal Setinggi 8 Meter Sudah 2 Ibu di Tanah Bumbu Coba Akhiri Hidup, IPK Sentil Peran Pemerintah

Lereng Gunung Pria Bumi Jaya Tala Dihijaukan Kelompok Pemuda

- Apahabar.com     Jumat, 12 November 2021 - 18:46 WITA

Lereng Gunung Pria Bumi Jaya Tala Dihijaukan Kelompok Pemuda

KUB Bumi Priangan Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Tanah Laut melakukan penghijauan seluas 37 hektar lahan kritis di lereng gunung Pria di Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Tanah Laut. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Kelompok Usaha Bersama KUB Bumi Priangan Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Tanah Laut melakukan penghijauan seluas 37 hektar lahan kritis di lereng gunung Pria di Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Tanah Laut.

Aksi penanaman tersebut. Kelompok Bumi Priangan menyediakan 30 ribu pohon termasuk bibit buah-buahan.

Ketua KTH Bumi Priangan Mus Mujiono, Jumat (12/11/2021) mengatakan, 30.000 ribu bibit dibagikan ke seluruh warga Desa Bumi Jaya untuk selanjutnya ditanam pada lahan masing-masing.

“Kami berharap daerah ini dapat menjadi sentral Petai, Jengkol, Durian dan Nangka. Tanam rawat dan hasilkan untuk masyarakat desa,” katanya.

Terlebih Desa Bumi Jaya mendapat penghargaan Proklim Lestari. “Terima kasih KUB Bumi Priangan untuk bantuan KBR dari BPDASHL Barito,” tandasnya.

Ia menambahkan, KTH Bumi Priangan sangat gencar mengkampanyekan tanam, rawat dan hasilkan. Demi hijaunya bumi Tanah Laut.

Imam Sulistiyanto Kasi Evaluasi DASHL BPDASHL Barito Kalimantan Selatan mengatakan kegiatan Kebun Bibit Rakyat (KBR) di fasilitasi program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan output nya bisa menanam dan kewajiban untuk memeliharanya untuk masyarakat sekitar.

Dengan memanfaatkan hasil kayu ataupun buah yang ditanam sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Total KBR ada 11 kelompok di Kalselteng dua diantaranya ada di Tanah Laut terutama di Desa Bumi Jaya.

“Kick off penanaman 30 ribu bibit buah di antaranya buah durian, jengkol, nangka dan petai yang nantinya bisa mengurangi krisis lahan dan menghijaukan bumi tuntung pandang sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar terutama Desa Bumijaya,” kata Harto Ketua Kelompok.

Selain untuk menghijaukan daerah lahan yang tidak terpakai atau akibat terbakarnya hutan dan lahan hal ini selaras dengan program pemerintah dengan revolusi hijau.

Pada kegiatan itu, Kepala KPH Tala, Kasi Evaluasi DASHL BPDASHL, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Tala, mewakili Bupati serta Camat Pelaihari para penggiat Lingkungan Hidup seperti Orpala Tupan Meratus dan Mapala Politala turut hadir.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bumdes

Tanah Laut

Bumdes Berkah Mulia Raih Juara 1 Expo Kalsel, Arutmin Ikut Bangga
Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman saat meninjau lokasi longsor di Desa Panggung Baru. Foto Istimewa

Tanah Laut

Pemda Siap Relokasi Hunian Warga Terdampak Longsor di Pelaihari
Mengapung di Sungai

Tanah Laut

Ini Dugaan Penyebab Perempuan Tua di Tanah Laut Mengapung di Sungai

Kalsel

Jalin Silaturahmi, Tenaga Ahli Bupati Tanbu Kunjungi Sekretariat SMSI

Tanah Laut

Rahmanudin Resmi Jadi Anggota DPRD Tala

Tanah Laut

Satu Anggota Polres Tala Diberhentikan Tidak Hormat
Tabrak Lari

Kalsel

Dini Hari, Pengendara Motor Tewas Ditabrak Lari di Batu Ampar Tala
PPKM Level 4

Tanah Laut

PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang, Bupati Tala Akan Evaluasi Capaian Target
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com