Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Lewat Program YESS, Bupati Banjar Ingin Angka Pengangguran Bisa Ditekan

- Apahabar.com     Kamis, 18 November 2021 - 22:02 WITA

Lewat Program YESS, Bupati Banjar Ingin Angka Pengangguran Bisa Ditekan

Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka Rapat District Multi Stakeholder Forum (DMSF) program YESS, di Mahligai Sultan Adam, Kamis (18/11). Foto: Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Melalui program Youth Entrepneurship and Employment Support Services (YESS), Bupati Banjar, H Saidi Mansyur berharap angka pengangguran di daerah ini dapat segera ditekan.

Hal itu diungkapkan Bupati Saidi Mansyur saat membuka Rapat District Multi Stakeholder Forum (DMSF) program YESS, di Mahligai Sultan Adam, Kamis (18/11).

Bupati Saidi Mansyur mengungkapkan data statistik menunjukkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Banjar pada tahun 2019 mencapai 2,98 persen.

Seiring dengan adanya pandemi Covid-19, angka pengangguran kian meningkat menjadi 3,87 persen pada tahun 2020, hingga 3,98 persen pada tahun 2021.

Menurutnya, kondisi tersebut menjadi tantangan dan pekerjaaan bersama dengan berkolaborasi serta bersinergi menekan angka pengangguran.

“Melalui perencanaan pembangunan daerah sesuai visi misi, salah satu upaya menekan angka pengangguran adalah menciptakan lapangan pekerjaan dan kewirausahaan di sektor unggulan daerah baik itu pertanian, perikanan, industri kecil, dan usaha mikro,” ucapnya.

Bupati Saidi Mansyur menambahkan, menciptakan lapangan kerja dan kewirausahaan ini akan dilakukan oleh Pemkab Banjar dengan menyediakan 15 ribu pelatihan kerja berbasis sektor unggulan daerah, industri kreatif, dan industri digital.

Sementara itu Angga Tri Aditia Permana selaku Provincial Programme Implementation Unit (PPIU) menerangkan program YESS ini terbatas hingga 2025.

“Diharapkan, kerja sama dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan program demi mencetak pengusaha muda dan tenaga kerja handal di bidang pertanian dapat terwujud,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan secara simbolis dana hibah kompetitif kepada Muhammad Saderi seorang peternak bebek sebesar Rp32,8 juta rupiah dan Jumadi peternak ayam sebesar Rp60 juta.

Turut hadir Project Manager Program YESS Kalsel beserta jajaran, perwakilan Kepala Balai Penelitian Lahan Rawa Kalsel, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Plt Kepala Dinas Pertanian Banjar HM Riza Dauly, Pimpinan Cabang Bank Kalsel, dan Bank BRI Martapura serta sejumlah undangan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Terima Silaturahmi Kepengurusan PKB yang Baru
SMAN 1 Karang Intan

Pemkab Banjar

80 Persen Siswanya Sudah Divaksin, Bupati Banjar Apresiasi SMAN 1 Karang Intan
Pelajar SMA di Martapura

Pemkab Banjar

Giliran Seribu Pelajar SMA di Martapura Disuntik Vaksin Program BIN
Pemkab Banjar

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Minta 10 Ribu Kouta Pelatihan Pengembangan SDM

Pemkab Banjar

Bupati Saidi Mansyur Yakin Investasi di Kabupaten Banjar Terus Naik

Pemkab Banjar

Harjad 71 Kabupaten Banjar, Bupati Beri Penghargaan SKPD Berprestasi

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Sambut Kunjungan Kasdam VI Mulawarman
Banjir Katingan

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Katingan Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com