Tepat di Hari Menanam Pohon Indonesia, HST Dilanda Musibah Banjir Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Banjir Meluas ke Pusat Kota HST, Diprediksi Puncak Air Naik Tengah Malam Pascabanjir Palangka Raya, Warga Tumbang Tahai Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak Banjir Kiriman Tiba di Kandangan, Bhalink-bhalink Rescue Bantu Evakuasi Warga

Makam Kuno Zaman Firaun Ditemukan, Usianya 3.200 Tahun

- Apahabar.com     Kamis, 4 November 2021 - 06:54 WITA

Makam Kuno Zaman Firaun Ditemukan, Usianya 3.200 Tahun

Lukisan dinding ditemukan di area makam, menunjukkan ternak digiring untuk persembahan. Foto-Live Science

apahabar.com, JAKARTA – Arkeolog menemukan sebuah makam berusia lebih dari 3.200 tahun di Saqqara. Rupanya, ini adalah makam salah satu pejabat senior zaman Firaun yang paling kuat Mesir, Ramses II.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan temuan ini pada 30 Oktober. Berdasarkan prasasti yang ditemukan di makam, disebutkan bahwa Ptah-M-Wia, orang yang dimakamkan di sana, memegang sejumlah posisi termasuk kepala perbendaharaan dan kepala pengawas ternak pada masa pemerintahan Ramses II.

Dikutip Detik.com dari Live Science, Ramses II memerintah 1279-1213 SM dan berhasil mengembangkan Kerajaan Mesir sampai Suriah zaman modern. Ramses II juga dikenal karena upaya pembangunannya, termasuk perluasan Kuil Karnak.

Sementara itu, Ptah-M-Wia adalah seorang kepala perbendaharaan berabad-abad lampau sebelum zaman penemuan koin yang dicetak. Pada masa itu, orang-orang melakukan transaksi pembayaran dengan barang atau logam mulia.

Di sisa-sisa makam Ptah-M-Wia, para arkeolog menemukan serangkaian lukisan dinding yang menunjukkan orang-orang memimpin ternak dan hewan lain untuk disembelih. Adegan ini bisa jadi terkait dengan posisi Ptah-M-Wia sebagai pengawas peternakan. Sejauh ini, tidak ada sisa-sisa manusia yang ditemukan di makam tersebut.

Beberapa ukiran di makam juga menggambarkan seorang pria, kemungkinan adalah Ptah-M-Wia. Dalam satu ukiran, ia ditampilkan duduk di samping beberapa guci dan sebuah benda yang terlihat seperti tanduk.

Para peneliti saat ini sedang menganalisis hieroglif yang ditemukan di atas ukiran yang menunjukkan, antara lain, bahwa selain tugasnya yang lain, Ptah-M-Wia bertugas membuat “persembahan ilahi” di salah satu kuil yang dibangun oleh Ramses II di Thebes (sekarang bernama Luxor).

Firaun membangun atau memperluas beberapa kuil di Thebes selama masa pemerintahannya, dan tidak diketahui di mana Ptah-M-Wia memberikan persembahan.

Ola Al-Ajizi, seorang profesor arkeologi di Universitas Kairo, memimpin tim yang menemukan makam tersebut. Para arkeolog terus menggali dan menganalisis makam dan daerah sekitarnya. Penemuan ini sangat menguntungkan, karena Saqqara memiliki sejumlah besar situs arkeologi yang mencakup Piramida Djoser yang berusia 4.700 tahun.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Global

Kuasai Afghanistan, Taliban Mengambil Langkah Moderat dalam Pemerintahan
Palestina dan Israel

Global

Bukan Turki, Ini Negara yang Bantu Damaikan Palestina dan Israel
Soal Kekerasan di Papua Tak Berimbang

Global

KSP Sebut Laporan PBB Soal Kekerasan di Papua Tak Berimbang
apahabar.com

Global

Dianggap Menjijikkan, Durian Jadi Pajangan di Disgusting Food Musem Swedia
Thomas Indonesia

Global

Hanya Bendera PBSI, Eks Atlet Sayangkan Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas
PM Sudan

Global

Diduga Kudeta, Rumah PM Sudan Dikelilingi Militer
Ilustrasi. Foto-Net

Global

Setelah 20 Bulan, AS Kembali Buka Pintu untuk Warga Asing
apahabar.com

Global

Menhub Lanjutkan Subsidi Tiket Pesawat, Berapa Anggarannya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com