Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Petir Berpotensi Melanda Hampir Seluruh Wilayah! Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas

Masa Jabatan Ratusan Kades di Kapuas Segera Berakhir

- Apahabar.com     Senin, 1 November 2021 - 18:49 WITA

Masa Jabatan Ratusan Kades di Kapuas Segera Berakhir

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melantik ratusan kepala desa (Kades) hasil Pilkades tahun 2015. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Ratusan kepala desa (Kades) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, segera mengakhiri masa jabatannya. Gantinya, Pemkab Kapuas akan mengangkat penjabat Kades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yan Marto mengatakan, ada sebanyak 153 Kades yang masa jabatannya akan berakhir.

“Sementara ini ada 153 kepala desa hasil Pilkades 2015 yang masa jabatannya akan berakhir 30 November ini,” katanya kepada apahabar.com di Kuala Kapuas, Senin (1/11).

Yan Marto bilang pihaknya sudah mengirim surat kepada masing-masing camat untuk segera mengusulkan penempatan penjabat (Pj) Kades.

“Sebagian usulan Pj Kades itu dari camat sudah masuk dan segera disampaikan kepada kepala daerah untuk diproses surat keputusannya Pj-nya,” ujarnya.

Dijelaskan mantan Camat Mantangai tersebut, penjabat kepala desa yang ditunjuk nantinya adalah seorang ASN, diprioritaskan ASN dari kantor camat setempat.

“Kalau tidak cukup, bisa mengambil ASN yang bekerja di unit-unit pemerintah di lingkungan kecamatan. Tapi kalau tidak cukup juga bisa melampor kepada kami,” ucap Yan Marto.

“Nanti kami dari Dinas PMD akan berkoordinasi dengan BPKAD untuk penempatan pegawai kita yang dianggap mampu untuk menduduki jabatan Pj Kades,” imbuhnya.

Ditambahkan Yan Marto, masa jabatan Pj Kades adalah sampai terbitnya surat keputusan kepala desa yang terpilih nantinya dalam Pilkades serentak tahun 2022.

“Tahapan Pilkades rencananya dimulai Maret 2022, ketika dukungan dari segi anggaran dan lainnya sudah siap semua,” pungkas Yan Marto.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Hampir Sepekan, PSBB Palangka Raya Cukup Efektif
apahabar.com

Kalteng

BKSDA Antisipasi Kemunculan Buaya Saat Pelaksanaan Mandi Safar di Sungai Mentaya
Penemuan Mayat di Desa Hajak

Kalteng

Heboh Penemuan Mayat di Desa Hajak Teweh Baru

Kalteng

Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Melalui BPBD
Banjir Kalsel

Kalteng

Antisipasi Luapan Sungai Bengaris, PUPR Barito Utara Pasang Pompa Air
apahabar.com

Kalteng

Kepincut Hutan, Raja dan Ratu Belanda ke Kalteng Maret
apahabar.com

Kalteng

Status Siaga Darurat Karhutla Diperpanjang
apahabar.com

Kalteng

Selama 2019, Kalteng Gelar 167 Kegiatan Wisata dan Budaya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com