Jelang Nataru, Palangka Raya Awasi Potensi Penimbunan Bahan Pokok Kejagung Tetapkan Seorang Pengacara Sebagai Tersangka Kasus LPEI Kaltim Raup Rp 19,8 M dari Pisang Kepok Gerecek di Expo Pangan Nusantara Respons Bupati Barito Timur Soal Warning Mensos Risma Terkait Banjir ‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai

Meresahkan Warga, Kafe Viral di Barabai HST Diberi Teguran

- Apahabar.com     Rabu, 3 November 2021 - 02:57 WITA

Meresahkan Warga, Kafe Viral di Barabai HST Diberi Teguran

Pemilik kafe viral di Barabai, Hossam Farouk, menandantangani surat pernyataan tidak mengulangi kejadian yang tersebar di media sosial. Foto: apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Kafe yang sempat viral di media sosial di Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST), akhirnya disidak tim gabungan, Selasa (2/11) malam. Sempat terjadi adu mulut, pemilik akhirnya menandatangani surat pernyataan.

Penyidakan dilakukan anggota DPRD, TNI, Polri dan Satpol PP ini menyikapi sejumlah video yang memperlihatkan aktivitas di kafe di Jalan Murakata RT 5 Kecamatan Barabai tersebut.

Sempat terjadi adu mulut, ketika pemilik kafe bernama Hossam Farouk yang berkewarganegaraan Mesir, ditanyai perihal kejadian dalam video.

Hossam Farouk membantah tidak menggelar live musik dan aksi joget-joget di kafe itu. Ia malah menyebut acara tersebut khusus untuk keluarga.

“Saya punya potongan videonya. Kafe Anda melanggar izin usaha!,” seru Salpia Riduan, salah seorang anggota DPRD HST yang ikut dalam sidak.

Adu argumen tak berlangsung lama. Asisten Bidang Pemerintahan HST, Ainur Rafiq, meminta Hossam menulis surat pernyataan. Isinya agar tidak mengulangi aktivitas seperti dalam video yang beredar di media sosial.

Surat itu ditanda tangani di atas materai 10.000 lengkap dengan tanda tangan saksi dari penegak hukum dan pemerintahan HST.

Sementara Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja HST, Citra Hapsari, menjelaskan sudah memanggil pemilik kafe.

Sedianya kafe tersebut legal. Pemilik mengantongi izin dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) 9120216182606 yang diterbitkan per 26 Oktober 2021 atas nama dengan inisal Z.

Masalahnya surat perizinan untuk usaha tersebut berbentuk rumah minum atau kafe. Artinya hanya menyediakan makan dan minum.

“Kafe tersebut sudah menyalahi aturan perizinan, sehingga kami memberikan teguran. Kalau masih mengulangi, kami akan melayangkan surat peringatan sampai tiga kali,” tegas Citra Hapsari.

“Masih tidak mengindahkan, kami akan memberikan sanksi. Sanksi paling berat adalah pencabutan izin usahan,” sambungnya.

Sebelumnya dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, terlihat aktivitas live musik di kafe tersebut. Dalam video lain, sejumlah laki-laki dan perempuan berjoget mengikuti musik.

Banyak warga terdekat dengan lokasi, mengecam keberadaan kafe tersebut. Selanjutnya kejadian itu dibawa dalam rapat koordinasi dengan Forkopimda, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) HST.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Pemkab HST Peduli, Wabup Berry Turun Tangan Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

HST

Jembatan Darurat di Waki HST Putus Lagi, Babinsa Disiagakan
PPKM Level IV

HST

HST Mulai Terapkan PPKM Level IV, Bupati Aulia Imbau Tingkatkan Kesadaran Masyarakat
Kormi HST

HST

Baru Dibentuk, Pegiat Olahraga Rembukkan Kepengurusan Kormi HST

HST

John Lee CS Gulung 4 Pengedar Sabu di HST, Satu Pelaku Simpan Barbuk di Celana Dalam
apahabar.com

HST

Masuk Zona Orange, Tim di HST Tetap Gencar Laksanakan Operasi Yustisi

HST

Peredaran Narkoba di HST Marak, BNNP Kalsel Andalkan Polisi dan Tokoh Agama

HST

Festival 5 Cabor Tradisional di Kalsel, Atlet Murakata Horseback Archery Borong Juara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com