Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus

Musim Hujan, BPBD Kapuas Pantau Kecamatan Rawan Banjir

Sejumlah kecamatan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas, Kalteng, rawan banjir saat musim penghujan.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB
- Apahabar.com     Jumat, 5 November 2021 - 23:30 WITA

Musim Hujan, BPBD Kapuas Pantau Kecamatan Rawan Banjir

Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah hulu Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah kecamatan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas, Kalteng, rawan banjir saat musim penghujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas pun terus memantau dan berkoordinasi dengan para camat serta kepala desa setempat.

“Karena di daerah hulu kalau intensitas curah hujannya sangat tinggi dan dari hilir pasang airnya, maka akan memperlambat air mengalir ke hilir, sehingga dapat menyebabkan banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Jumat (5/11).

Namun Panahatan berkata banjir yang terjadi tersebut bukan merupakan banjir tergerus dan juga banjir bandang, tetapi merupakan banjir tergenang.

“Banjir tergenang itu airnya secara perlahan-lahan naik, tergantung kondisi air dari hilir. Apabila air pasang tinggi dan bertahan lama, maka debit air di hulu jadi naik dan mengakibatkan rumah-rumah warga dan jalan terendam,” ujarnya.

Kondisi saat ini, menurut Panahatan, di daerah Muroi Kecamatan Mantangai, debit air dilaporkan mulai naik, namun belum merendam fasilitas jalan dan rumah penduduk.

“Kami tetap pantau dan berkoordinasi dengan para camat serta kepala desa supaya mengingatkan warganya dan kami juga sudah membuat selebaran peringatan dini menghadapi bahaya banjir,” terang Panahatan.

Kemudian dalam rangka kesiapan menghadapi ancaman bencana banjir, Pemkab Kapuas juga telah melaksanakan apel kesiapsiagaan segenap personel dan sarana prasarana.

“Kita juga memperkuat sistim peringatan dini berbasis masyarakat untuk keperluan kedaruratan dan evakuasi. Untuk alat peringatan dini itu kita tempatkan di Desa Sei Pinang,” katanya.

“Dan kami juga setiap saat selalu berkoordinasi dengan BMKG, supaya kita dapat informasi situasi terkini terhadap kondisi cuaca,” pungkas Panahatan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pilkada Serentak 2020 Momentum Membangun Daerah Tanpa Merusak Lingkungan
apahabar.com

Kalteng

Polres Kobar Rapid Tes 294 Personelnya

Kalteng

1,3 Kg Sabu Dimusnahkan, Hasil Penindakan 3 Wilayah di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Disiplin Guru Melemah, Ini Kata Anggota DPRD Barut
Kebakaran

Kalteng

Kebakaran di Kapuas Hanguskan Tujuh Rumah
apahabar.com

Kalteng

Golkar Kalteng Usung Kader Maju Pilkada 2020
Sabu

Kalteng

Jadi Kurir 9,6 Gram Sabu, Pria di Palangka Raya Diringkus Polisi
Badut Jalanan

Kalteng

Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com