Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik Sikapi Putusan MK, Jokowi Tegaskan Revisi UU Cipta Kerja Secepatnya Dilantik Esok, Sederet PR Menanti Sekda Baru Banjarmasin

Nih Aplikasi BPJS Kesehatan yang Memudahkan Peserta JKN-KIS

- Apahabar.com     Sabtu, 6 November 2021 - 15:26 WITA

Nih Aplikasi BPJS Kesehatan yang Memudahkan Peserta JKN-KIS

Aplikasi dari BPJS Kesehatan yang terpasang di gawai memudahkan peserta JKN-KIS dalam pelayanan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Pelayanan BPJS Kesehatan terus diinovasikan sesuai dengan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Yuni Norma Riansari mengungkapkan beragam inovasi tersebut ditujukan agar meningkatnya kualitas kepuasan masyarakat khususnya para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satu inovasi yang populer yakni, layanan non tatap muka berbasis teknologi, aplikasi Mobile JKN-KIS. Aplikasi ini bisa diunduh lewat gawai android maupun ios.

“Pada dasarnya itu juga merupakan tuntutan dari perkembangan zaman, di mana sekarang teknologi memang berkembang pesat dan harus kita ikuti dengan berbagai inovasi dan ide-ide yang bersifat terbarukan supaya menarik juga bagi para peserta,” kata Yuni, Sabtu (6/11).

Generasi masa kini, kata Yuni harus memiliki awareness terhadap jaminan kesehatan mereka. Terutama memanfaatkan perkembangan teknologi dan aplikasi.

“Kaum milenial sampai Z harus memiliki perhatian terhadap aspek kesehatan mereka. Termasuk juga jaminan kesehatannya. Nah, aplikasi Mobile JKN ini sangat cocok dengan kita dan mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan kemampuan mumpuni dalam pemanfaatan teknologi,” jelas Yuni.

Aplikasi Mobile JKN-KIS ini, kata Yuni menawarkan beragam kemudahan. Mulai dari mendaftarkan diri dan keluarga, ada fitur-fitur seperti cek status kepesertaan, perubahan fasilitas kesehatan serta fitur riwayat pembayaran bagi peserta BPJS Kesehatan Mandiri.

“Aplikasi itu menjadi barang penting dimiliki generasi milenial,” terang Yuni.

Menariknya, aplikasi itu juga sudah dilengkapi dengan fitur terbarunya. Fitur itu yakni, antrean online fasilitas kesehatan sehingga memudahkan peserta JKN-KIS mengambil nomor antrean terlebih dahulu sebelum menuju ke fakes tujuan. Baik Faskes pertama maupun Faskes rujukan.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur konsultasi dokter.

“Jadi peserta bisa konsultasi tentang keluhan kesehatan yang mereka alama dengan dokter dari fasilitas kesehatan mereka terdaftar,” kataYuni.

Selain aplikasi Mobile JKN, kanal layanan non-tatap muka yang kini dikembangkan oleh BPJS Kesehatan, antara lain CHIKA (Chat Asistant JKN), VIKA (Voice Interactive JKN) dan juga Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA).

“Hal ini juga merupakan wujud nyata upaya kami memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 karena peserta akan tetap bisa mengakses pelayanan dengan tetap di rumah saja,” tutup Yuni.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cerita Mustofa, Pengayuh Becak yang Iuran Kesehatannya Dibayar Pemkab HST

BPJS Kesehatan Barabai

Berkaca Pengalaman Nenek, Gadis 17 Tahun di HST Tenang Pegang KIS
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Bercita-Cita Jadi TNI, Pemuda Meratus Pilih JKN-KIS Jaga Kesehatannya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

HRD Ini Punya ‘Senjata’ Atasi Layanan JKN-KIS di Perusahaannya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Rahasia M Nur di Barabai HST Proteksi Keluarga Kecilnya
BPJS Kesehatan Barabai

BPJS Kesehatan Barabai

Penanganan Hukum, BPJS Kesehatan Barabai Perpanjang MoU dengan Kejari Tabalong
JKN-KIS

BPJS Kesehatan Barabai

Percayakan Kesehatan di JKN-KIS, Warga HST Ini 3 Kali Ganti Status Kepesertaan
BPJS Barabai

BPJS Kesehatan Barabai

Tak Pernah Lagi Bayar Berobat, JKN-KIS Yusinah Dicover PBI Pusat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com