Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Pemkot Banjarbaru Siapkan Skema Anggaran Penanggulangan di 2022

- Apahabar.com     Jumat, 26 November 2021 - 18:44 WITA

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Pemkot Banjarbaru Siapkan Skema Anggaran Penanggulangan di 2022

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARBARU – Belum berakhirnya pandemi Covid-19 di 2021 membuat Pemkot Banjarbaru bersiap secara anggaran untuk 2022.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Banjarbaru, Jainuddin.

Pemkot katanya sudah menyiapkan skema anggaran khusus penanggulangan pandemi untuk tahun depan.

Pola atau skema anggaran ini diambil dari dana darurat atau kerap disebut dana BTT (Belanja Tidak Terduga). Nominalnya juga cukup besar, mencapai hingga belasan miliar rupiah.

“Untuk tahun depan kita menyiapkan anggarannya di BTT. Ini seperti dana darurat. Untuk sekarang total BTT yang kita siapkan sekitar 15 miliar rupiah,” kata Jainuddin.

Angka tersebut, kata dia, bisa dialokasikan untuk keperluan darurat terkait Covid-19. Termasuk untuk kebutuhan dukungan percepatan vaksinasi apabila diinstruksikan pemerintah pusat.

“Kita belum tahu ya apakah setelah target 70 persen tercapai ini akan ada dukungan vaksinasi lagi, ini bukan wewenang kami, tapi pusat. Tapi jika memang ada dukungan vaksinasi lagi di 2022, kita siap,” tegasnya.

Berkaca dengan kesiapan anggaran dalam penanggulangan pagebluk kurang lebih satu tahun ke belakang. Jainuddin optimis bahwa dari sisi anggaran, Pemkot Banjarbaru siap.

Hal ini, kata dia, ditegaskan dengan adanya beberapa kali kegiatan refocusing anggaran. Yang mana refocusing klaimnya tetap beracuan kepada optimalisasi atau efisiensi dari anggaran yang dipakai.

“Misalnya untuk anggaran dukungan vaksinasi kita Alhamdulillah masih cukup hingga bulan November, bahkan tersisa sekitar 1,6 miliar dengan capaian sudah mendekati 70 persen,” tutupnya.

Untuk diketahui, sejak pandemi mewabah, Pemkot Banjarbaru sudah menggelontorkan anggaran puluhan miliar rupiah. Mulai dari penanggulangan hingga anggaran untuk dukungan vaksinasi.

Untuk sektor bidang kesehatan di tahun ini saja, Pemkot setidaknya menyiapkan 45 miliar rupiah. Khusus dukungan vaksinasi dianggarkan 4 miliar. Sudah 2,4 miliar digunakan dan tersisa 1,6 miliar hingga akhir tahun.

Memasuki penghujung tahun 2021, cakupan vaksinasi di Banjarbaru nyaris 70 persen. Hal ini sesuai dengan acuan pusat untuk target awal menciptakan Herd Immunity.

Kendati nanti target Herd Immunity bisa dicapai. Faktanya pandemi belum bisa dikatakan benar-benar hilang. Penularan tentu masih berpotensi besar. Apalagi ancaman gelombang ketiga mungkin saja terjadi.

Karena anggaran penanggulangan pandemi yang digelontorkan Pemkot bersifat periodik, artinya hanya sampai akhir tahun ini. Maka dari itu, di 2022 Pemkot bersiap dengan dana BTT.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kalsel Diatensi Presiden, Warga Banjarbaru Sabar Dulu
Nadjmi

Pemko Banjarbaru

Resmi Dinamai, Jalan Baru di Loktabat Utara Segera Dipasang Plang Nadjmi Adhani
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Puncak HPSN, Pemkot Banjarmasin Raih Penghargaan Kelola Sampah dari KLHK
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ayo Ramaikan Penulisan Buku “Jalan Lapang Kebaikan” untuk Nadjmi Adhani

Pemko Banjarbaru

Siap-Siap, Pegawai Honorer di Banjarbaru Bakal Pakai Seragam Putih Hitam

Pemko Banjarbaru

Harmonisnya Hubungan Jurnalis dengan Pemerintah Kota Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sambut 2020, Masyarakat Banjarbaru Instropeksi Diri Lewat Baayun Maulid
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ririen Nadjmi Adhani Raih Prestasi Bunda PAUD Terbaik Tingkat Nasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com