Tolerannya Muslim di Banjarmasin Bikin Pohon Natal Setinggi 8 Meter RESMI! Sopir Truk Maut A Yani Banjarmasin Tersangka Sudah 2 Ibu di Tanah Bumbu Coba Akhiri Hidup, IPK Sentil Peran Pemerintah HKN Banjarmasin Dilidik Jaksa, Pencegahan Covid-19 Jangan Mengendur Catat! SMA di Kalsel Tak Libur Saat Nataru 2022

Pascapenetapan IKN, Penduduk Penajam Terus Bertambah

- Apahabar.com     Kamis, 25 November 2021 - 08:26 WITA

Pascapenetapan IKN, Penduduk Penajam Terus Bertambah

Kabupaten Penajam Paser Utara adalah wilayah yang akan menjadi sebagian dari ibu kota baru di Kalimantan. Foto-Dok. Wikipedia via Kompas.com

apahabar.com, PENAJAM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyebutkan jumlah penduduk di daerah itu terus bertambah.

Bertambahnya jumlah penduduk itu pascapenetapan wilayah Kecamatan Sepaku sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru di Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Disdukcapil PPU, Suyanto, arus urbanisasi tidak bisa terbendung sejak sebagian wilayah Penajam Paser Utara, yakni Kecamatan Sepaku ditetapkan sebagai lokasi ibu kota negara atau IKN yang baru.

Bahkan, ia memprediksi, jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara akan terus meningkat dan harus melakukan antisipasi adanya lonjakan urbanisasi.

“Banyaknya warga pendatang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara itu karena ingin mencari lapangan pekerjaan,” ujarnya di Penajam, Kamis (25/11) dilansir Antara.

“Saat ini terdata jumlah penduduk terus bertambah, ada tambahan sekitar 3.673 jiwa sepanjang 2021,” tambahnya.

Tercatat jumlah penduduk Kabupaten PPU sepanjang 2021 sebanyak 185.022 jiwa atau meningkat jika dibandingkan jumlah penduduk 2020 sebanyak 181.349 jiwa.

Disdukcapil sudah melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) data kependudukan dengan data Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri jelas Suyanto, sampai Juli 2021 ada penambahan penduduk sekitar tiga ribuan.

Pertumbuhan penduduk di Kabupaten PPU setelah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara oleh Presiden Joko Widodo, terus meningkat.

Penduduk Kabupaten PPU yang sudah wajib memiliki KTP (kartu tanda penduduk) atau berusia 16 tahun ke atas sebanyak 127.151 jiwa, laki-laki sebanyak 65.831 orang dan perempuan sebanyak 61.320 orang.

Dari jumlah penduduk 185.022 jiwa kata dia, warga berjenis kelamin laki-laki mendominasi dengan total 95.776 orang, sedangkan warga berjenis kelamin perempuan sebanyak 89.246 orang.

“Jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dibandingkan yang perempuan, termasuk yang sudah wajib KTP atau sudah memiliki hak pilih,” ucap Suyanto.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Kapal Pengangkut Batu Bara Terbalik, Satu Orang Hilang
apahabar.com

Kaltim

Nekat Mudik, ASN Penajam Siap-Siap Kena Sanksi
Security Dinas PU Balikpapan

Kaltim

Lapor Balik, Security Dinas PU Balikpapan Juga Ngaku Kena Pukul
Balikpapan Terbakar

Kaltim

Dini Hari Membara, 4 Ruko di Balikpapan Ludes
apahabar.com

Kaltim

Berangsur Surut, Pemkot Perpanjang Status Darurat Banjir Samarinda

Kaltim

Tongkat Pangdam VI Mulawarman Berganti, Karhutla Jadi Atensi
Salah satu titik banjir di kota Balikpapan. Foto-Istimewa

Kaltim

Ratusan Rumah di Balikpapan Terendam Banjir, Basarnas Siaga
Penjual Oksigen

Kaltim

Awas!!! Penipu Penjual Oksigen Online, Ngaku Dari Distributor Balikpapan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com