Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Pejabat Kementan Kenakan Atribut Partai, KASN Turun Tangan

- Apahabar.com     Rabu, 17 November 2021 - 19:05 WITA

Pejabat Kementan Kenakan Atribut Partai, KASN Turun Tangan

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, Agus Pramusinto. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, Agus Pramusinto, menegaskan, akan memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, ke Kantor KASN pada Jumat (19/11) nanti.

Pemanggilan ini untuk klarifikasi terkait pejabat Kementerian Pertanian yang mengenakan seragam Komando Strategis Partai NasDem.

“Tentunya, KASN akan melakukan pemeriksaan secara objektif dan independen,” kata Pramusinto berdasarkan keterangan tertulis seperti dilansir Antara, Rabu (17/11).

Selanjutnya terkait kemungkinan sanksi yang akan diberikan, kata dia, itu disesuaikan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Pemanggilan terhadap sekretaris jenderal Kementerian Pertanian itu merupakan wujud tindakan cepat dari KASN dalam menjalankan salah satu fungsi pengawasan dan penegakan netralitas aparatur sipil negara (ASN).

Sebagaimana yang tercantum di laman resminya, KASN berfungsi mengawasi pelaksanaan norma dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN. Mereka pun memiliki salah satu tugas, yaitu menjaga netralitas pegawai ASN.

Sebagaimana yang dituliskan dalam penjelasan UU Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara, asas netralitas yang dimaksud adalah bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapa pun.

Menurut Agus Pramusinto, dalam pasal 9 ayat (2) UU Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara, juga telah ditetapkan bahwa pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan serta partai politik.

Ketentuan tersebut, tambahnya, harus dijalankan oleh setiap ASN pada berbagai level jabatan.

“Netralitas ASN adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi karena ASN berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa, apalagi bagi seorang pejabat jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya yang semestinya menjadi contoh bagi bawahan,” kata dia.

Sebelumnya, diketahui sejumlah ASN eselon I Kementerian Pertanian mengenakan seragam Komando Strategis Partai NasDem (Kostranas) dalam rapat Komisi IV DPR, Senin (15/10).

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

VIVA

Nasional

Bayar Utang, VIVA Jual 39% Saham Pengelola ANTV Rp 2,43 T
apahabar.com

Nasional

TNI-Polri Kuasai Lokasi Pembantaian Pekerja di Papua
apahabar.com

Nasional

Pengamat Nilai 5 Faktor Membuat Jabar Unggul Tangani Covid-19
apahabar.com

Nasional

Panduan Cegah Covid-19 di Tempat Kerja dalam Era New Normal

Nasional

Tembus 10 Ribu Lebih, Kasus Covid-19 Hari Ini Tertinggi Selama Pandemi
apahabar.com

Nasional

Parade Kendaraan Tempur Dalam Negeri Meriahkan HUT TNI
vapor

Nasional

Baru Menikah, Istri Bos Vapor Pontianak Diduga Juga Korban Sriwijaya Jatuh

Nasional

Alih Kelola Blok Rokan Jadi Sejarah Baru Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com