Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Pelita Air Jadi Cadangan Jika Garuda Pailit

- Apahabar.com     Selasa, 9 November 2021 - 21:35 WITA

Pelita Air Jadi Cadangan Jika Garuda Pailit

Pelita Air yang menjadi cadangan jika PT Garuda Indonesia benar-benar bangkrut. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah menjadikan Pelita Air sebagai cadangan jadi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk benar-benar bangkrut.

Meski demikian, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bukan berarti Garuda langsung pailit.

“Itu ada kesalahan quotation juga di media, kami menyatakan kalau kita masuk proses hukum, yang didorong homologasi, tapi ada risiko pailit. Itu kita harus sebut di awal, kalau nggak saya sebut, saya nggak bener, harus saya sebutkan,” katanya dalam rapat dengan Komisi VI, Selasa (9/11/2021).

“Cuma yang ditangkap media seolah langsung pailit. Kemudian ada pertanyaan lain lagi, “Kalau pailit bagaimana?’. Ya kami sampaikan, kita sebagai pemegang saham melihat sektor transportasi udara ini penting ya kami akan menggunakan Pelita sebagai cadangan,” katanya, dilansir dari detikcom.

Dia mengatakan Indonesia akan kekurangan pesawat jika Garuda pailit. Jika pailit, Indonesia akan kehilangan 150 pesawat yang beroperasi.

“Indonesia akan mengalami shortage pesawat. Ini problem memang, karena sekarang Indonesia 350 pesawat-400 pesawat yang beroperasi. Kalau Garuda pailit itu akan kehilangan sekitar 150 pesawat,” katanya.

Saat Garuda pailit, lanjut Tiko, maka ke depan pesawat akan sulit dicari. Maka itu, pemerintah bertanggung jawab menyiapkan cadangan.

“Bayangkan kalau Garuda pailit nanti tahun depan mungkin akan sangat sulit mencari pesawat karena nggak ada aircraft yang tersedia. Oleh karena itu kita juga harus bertanggung jawab untuk menyiapkan sekoci seandainya ini gagal, pailit harus ada yang kita dorong untuk mengisi kekosongan pesawat ini. Jadi begitu ceritanya Pak. Itu hanya sekoci apabila proses in court-nya tadi tidak mencapai harapan kita,” terangnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kabar Baik, Dua Pasien Positif Corona di Bogor Sembuh
Gunung Semeru

Nasional

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Guguran 2.500 Meter ke Arah Tenggara
IHSG

Nasional

IHSG Diprediksi Menguat Jelang Rilis Inflasi
apahabar.com

Nasional

Saat Ramadan, Jokowi Ingin Stok Pangan Cukup
Erick Thohir

Nasional

Erick Thohir Targetkan BSI masuk 10 Besar Bank Syariah Dunia

Nasional

Ketua PBNU Tanggapi Video Khalid Basalamah yang Larang Nyanyi Indonesia Raya
apahabar.com

Nasional

Mengintip Persiapan Program Kiai Ma’ruf Vs Sandiaga di Debat
HPN 2021

Nasional

Momentum HPN 2021, Ribuan Wartawan Masuk Prioritas Suntik Vaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com