Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Pemberangkatan Umrah dari Indonesia Disiapkan Satu Pintu

- Apahabar.com     Jumat, 5 November 2021 - 18:26 WITA

Pemberangkatan Umrah dari Indonesia Disiapkan Satu Pintu

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pemberangkatan jemaah umrah disiapkan Kementerian Agama dengan satu pintu, yakni melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Perlu kami sampaikan kepada otban (otoritas bandara) bahwa Kementerian Agama secara maraton sedang menyiapkan berbagai hal teknis sebagai langkah antisipasi pembukaan umrah masa pandemi,” ujar Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Kemenag, M. Noer Alya Fitra, dilansir Ihram.Id, Jumat (5/11).

Ia menjelaskan skema pemberangkatan jemaah umrah satu pintu tersebut agar memudahkan pengendalian, pengawasan, memastikan kesehatan, keamanan, dan keselamatan jamaah yang dilaksanakan pada masa pandemi. Menurutnya, asrama haji juga akan menjadi titik awal keberangkatan jemaah umrah.

“Jamaah umroh harus sudah memenuhi syarat di asrama haji, baik dari sisi kelengkapan dokumen perjalanan maupun kesehatannya. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan bantuan otban untuk memastikan fasilitas asrama haji memenuhi persyaratan untuk diberlakukan sebagai tempat keberangkatan internasional, seperti pelayanan jamaah haji reguler,” kata dia.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Yufridon Gandoz Situmeang memberikan apresiasi atas langkah yang diambil Kemenag. Pihak bandara siap mendukung Kemenag dalam menyiapkan pelayanan umrah di Bandara Soekarno-Hatta.

“Terkait hal teknis di asrama haji, kami akan segera melakukan evaluasi kesiapannya sebagai terminal internasional. Dengan konsep seperti haji reguler, berarti di asrama haji sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan imigrasi jamaah umroh, termasuk alat angkut dari asrama ke bandara harus benar-benar aman,” kata dia.

Menurutnya, penerbangan jemaah umrah lebih aman dengan penerbangan langsung. Dia juga mengusulkan agar pesawat yang digunakan jemaah umrah tidak bersama dengan penumpang reguler.

“Kita harus menjamin jamaah umroh aman dan tidak terpapar Covid-19 saat di perjalanan, maka akan lebih baik bila tidak bercampur dengan penumpang reguler,” katanya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Seleksi Masuk Darul Musthofa Sudah Dibuka, Simak Persyaratannya
Mengenal Prof Dr Manan Embong, Pembawa Puluhan Pusaka Rasulullah ke Martapura

Habar

Mengenal Prof Dr Manan Embong, Pembawa Puluhan Pusaka Rasulullah ke Martapura
apahabar.com

Habar

Netizen Usul Ulama Ini Menjadi Penerus Majelis Guru Zuhdi
apahabar.com

Habar

Peduli Generasi Milenial, GSN Banjar akan Gelar Refleksi Akhir Tahun di Puncak Kiram
Ulama

Habar

Usai Fatwakan Haram, Ulama Aceh Sebar Stiker Larangan di Warkop dan Kafe
apahabar.com

Habar

Pengurus PCNU Banjar Kembali Diisi Habaib dan Ulama, Sepupu Abah Guru Masih di Puncak Pimpinan
apahabar.com

Habar

Kelompok HAM Kecam Perluasan Larangan Muslim Masuk AS
apahabar.com

Habar

Sempat Ingkari Kerasulan Nabi Muhammad SAW, Filsuf Ini Mendadak Masuk Islam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com