Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Pemkab Kapuas Asah Kemampuan Pengrajin Rotan

- Apahabar.com     Senin, 15 November 2021 - 17:44 WITA

Pemkab Kapuas Asah Kemampuan Pengrajin Rotan

Seorang pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas saat diajari cara membuat lemari dari bahan rotan dalam pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengikuti pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan, Senin (15/11).

Pelatihan yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disdagperinkop) Kapuas tersebut berlangsung di sentra kerajinan rotan UD Nabil Raihan Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat, Kapuas.

Kepala Bidang Industri Disdagperinkop Kapuas, Fendinan Junarko mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para pengrajin rotan yang memang telah dibina oleh pihaknya selama ini.

“Jumlah pesertanya ada 20 orang, mereka memang sudah kita bina selama ini sejak tahun 2014. Jadi, kita latih terus mereka sehingga terus berkembang,” katanya.

Ferdinan bilang dalam pelatihan ini para peserta selain diberikan bimbingan secara teknis bagaimana mengolah, juga diajari cara memproduksi sampai finishing.

“Produk kerajinan rotan yang dihasilkan dalam pelatihan ini adalah pembuatan lemari dari rotan, cermin, tempat tisu, pot bunga dan produk lainnya yang semuanya dibuat dari hati rotan,” ujarnya.

Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk menumbuhkembangkan lagi semangat para pengrajin dan upaya pemulihan perekonomian khususnya di Kabupaten Kapuas.

“Kebetulan permintaan terhadap produk-produk kerajinan rotan, khususnya untuk produk rumah tangga itu sekarang mulai meningkat. Untuk itulah para pengrajin kita bina kembali,” pungkas.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksinasi Lansia

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Lakukan Percepatan Vaksinasi Lansia
apahabar.com

Pemkab Kapuas

Kapuas Ikuti Peringatan Hari Keluarga Nasional Bersama Wapres Secara Daring

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Optimistis Target Vaksinasi Dapat Tercapai pada 1 Juli

Pemkab Kapuas

Wabup Kapuas Terima Kunker Tim Monev Food Estate Setkab
Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Kembali Raih Opini WTP Kelima Kalinya

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Danau Mare
Puskesos

Pemkab Kapuas

Persiapan Pembentukan Puskesos di Kapuas Disosialisasikan
BPD

Pemkab Kapuas

Anggota BPD Warna Sari Dilantik, Simak Pesan Bupati Kapuas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com