Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Pengurus Partai Nasdem Tala Sambangi DPW, Tuntut Orbawati Diganti

- Apahabar.com     Kamis, 11 November 2021 - 15:54 WITA

Pengurus Partai Nasdem Tala Sambangi DPW, Tuntut Orbawati Diganti

Pengurus Nasdem Tala menyambangi Kantor DPW Nasdem tuntut Orbawati diganti. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Gejolak internal Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Tanah Laut, muncul. Menyusul 11 pengurus DPC Nasdem se-Tanah Laut bersama beberapa ranting partai mendatangi DPW Partai Nasdem Kalsel di Banjarbaru, Rabu (11/11/2021) kemarin.

Mereka menandatangani petisi mosi tidak percaya kepada Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Laut Orbawati.

Pasalnya dinilai gaya kepemimpinan Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Laut Orbawati selama 1 tahun 2 bulan dinilai overacting, minim konsolidasi dan pembinaan, main ganti pengurus DPC, serta otoriter dan arogan.

Mereka pun mengancam DPW, akan mundur beramai-ramai jika Orbawati tidak diganti secepatnya.

Padahal, para kader ini adalah sosok orang lama sejak Nasdem masih berbentuk sebagai ormas.

Surat pernyataan tidak percaya dengan Ketua DPD Nasdem Tanah Laut Orbawati langsung diserahkan kepada Sekretaris DPW Nasdem Kalsel H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha.

Serta meminta paling lambat keputusan itu sudah keluar, Senin 15 November 2021.

Surat penyataan bermeterai agar ketua DPD Nasdem Tala ditandatangani pengurus DPC Nasdem dari 11 kecamatan..

Ketua DPC Partai Nasdem Kecamatan Takisung Sugito, Kamis (11/11/2021) siang membenarkan tuntutan Itu bahwa pernyataan sikap itu isinya mendesak DPW Partai Nasdem Kalsel segera mengganti posisi Ketua DPD Nasdem Tanah Laut Orbawati.

Pihaknya menilai Orbawati sebagai ketua NasDem Tanah Laut sangat otoriter dan arogan.

“Kami yang merupakan kader Nasdem, bahkan sebelum berbentuk partai melainkan masih ormas malah disingkirkan setelah dia menjabat sebagai ketua,” beber dia.

Padahal, lanjutnya, kader dan pengurus Nasdem Tanah Laut, yang disingkirkan oleh Orbawati terbukti berjasa besar. Kader di bawah sangat besar jasanya membesarkan partai identik dengan warna biru malam. Bahkan sukses tiap pemilu dan melahirkan keterwakilan di semua daerah pemilihan.

Bukan cuma itu selama berjalan satu tahun lebih ini kegiatan partai sangat minim. Sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada pemilu 2024.

“Kami kader dan pengurus Nasdem yang berjuang dengan berdarah-darah membesarkan partai hingga memiliki empat wakil rakyat di DPRD Pemkab Tanah Laut selama dua periode,” katanya.

Sedangkan Orbawati sambung dia belum terbukti berjasa malah seenaknya main ganti pengurus-pengurus tingkat kecamatan. “Tanpa sedikitpun menghargai keringat kami. Itu sangat arogan,” bebernya.

Menurutnya Nasdem di Tanah Laut akan hancur apabila DPW Nasdem Kalsel tidak segera melengserkan Orbawati.

Sugito mengungkap sangat sayang dengan Nasdem yang saat ini sudah besar dirusak dari dalam. Bahkan oleh ketua sendiri yang bukan berasal dari kader murni Nasdem.

“Kami sudah sangat sabar selama 1 tahun ini diam menyaksikan Ketua Nasdem Tanah Laut. Yang kami sayangkan, perjuangan kita bersama dalam membesarkan Nasdem di Tala bertahun-tahun ini jauh sebelum dipimpin oleh Orbawati menjadi sia-sia,” ujarnya.

Sikap Sugito dan Pengurus 11 DPC itu mendapat dukungan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Kabupaten Tanah Laut, H Anasi.

“Memang benar yang disampaikan oleh kader dan pengurus Nasdem di sebelas kecamatan Tanah Laut. Walaupun menjadi pemimpin partai politik, tidak semestinya seenaknya main singkirkan kader lama di kepengurusan yang baru.,” terangnya.

“Karenanya kami sepenuhnya mendukung langkah dengan pergantian ketua Nasdem Kabupaten Tanah Laut.”

Menanggapi, Sekretaris DPW Partai Nasdem Kalimantan Selatan, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha menyambut baik penyampaian aspirasi tersebut.

“DPW selalu terbuka untuk menerima aspirasi dari semua kader di daerah. Terkait hal ini, akan saya sampaikan kepada Ketua DPW Nasdem Kalsel. Namun, yang jelas kami akan bersikap setelah melakukan evaluasi dan melihat fakta-fakta di lapangan,” tutup anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jembatan Darurat

Tanah Laut

Jembatan Darurat di Batakan Rampung, Arus Lalu Lintas Mulai Lancar
Wamen LHK RI

Tanah Laut

Wamen LHK RI Kunjungi Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Pelaihari
Pemkab Tala

Tanah Laut

Keberadaan Tenaga Kerja Asing Jadi Atensi Pemkab Tala
Banjir

Tanah Laut

Banjir Sudah Berlalu, Warga Desa Kunyit dan Panjaratan Tinggalkan Pengungsian
Rutan Pelaihari

Kalsel

181 Warga Binaan Rutan Pelaihari Dapat Remisi Kemerdekaan, 5 di Antaranya Bebas
Tala

Kalsel

Beres! Batas Daerah Tala dan Kabupaten Banjar Diteken
PWI Kalsel

Tanah Laut

PWI Kalsel Gelar Konferensi Kerja Pembentukan PWI Perwakilan Tala
PWI Kalsel

Kalsel

Bertemu Ketua PWI Kalsel, Bupati Sukamta Dukung Pembentukan Perwakilan di Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com