Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Peparnas XVI Papua 2021 Ditutup, Kalsel Lampaui Target Emas

- Apahabar.com     Sabtu, 13 November 2021 - 23:31 WITA

Peparnas XVI Papua 2021 Ditutup, Kalsel Lampaui Target Emas

Gegap-gempita selebrasi pebulutangkis Kalimantan Selatan yang meraih emas di Peparnas XVI Papua 2021. Foto: Sindonews

apahabar.com, JAYAPURA – Sukses besar dipetik Kalimantan Selatan di Peparnas XVI Papua 2021 yang resmi ditutup Presiden Joko Widodo, Sabtu (13/11) malam.

Kalsel yang semula hanya menargetkan 35 emas, berhasil melampaui dengan perolehan total 41 emas, 42 perak dan 43 perunggu.

Pencapaian tersebut menempatkan Kalsel di peringkat keempat, tepat di atas Sumatera Utara dengan 27 emas, 32 perak dan 15 perunggu.

Sementara Papua berjaya di kandang. Mereka menjadi juara umum dengan perolehan 126 emas, 85 perak dan 86 perunggu.

Jawa Barat yang sebelumnya berstatus juara bertahan, finis di peringkat kedua dengan 102 emas, 88 perak dan 73 perunggu.

Disusul Jawa Tengah di urutan ketiga dengan total pencapaian 88 emas, 55 perak dan 71 perunggu.

“Semua atlet dan pelatih sudah menjalankan tugas dengan baik. Bahkan Kalsel bisa melampaui target pencapaian emas,” papar Ketua National Paralympic Committe (NPC) Kalsel, H Ahmad Firdaus, seperti dilansir Antara.

“Target kami sebelum berangkat ke Papua hanya minimal sebanyak 35 emas. Faktanya Kalsel mampu meraih 41 emas,” imbuhnya.

Tak hanya melampaui target emas, peringkat Kalsel juga naik dua anak tangga. Sebelumnya Kalsel hanya bertengger di peringkat enam di Peparnas Jawa Barat 2016.

“Ini pencapaian luar biasa untuk semua atlet, sehingga mereka patut dibanggakan warga Kalsel karena sudah mengharumkan nama daerah,” tegas Firdaus.

“Hal yang tak kalah membanggakan adalah semua cabang olahraga menyumbangkan emas. Dari 135 atlet yang dikirim, Kalsel memperoleh total 133 medali,” bangganya.

Renang menjadi lumbung emas Kalsel di Peparnas XVI Papua 2021 dengan torehan 16 emas. Ini sama dengan pencapaian sebelumnya di Peparnas 2016, tetapi lebih banyak perak dan perunggu.

Tak hanya emas, perenang Bumi Lambung Mangkurat juga mampu memecahkan rekor nasional. Mereka adalah Norlatifah dari 50 meter gaya punggung putri S9 dan Mulyadi melalui 100 meter gaya dada putra S6.

Norlatifah mencatat rekor secepat 43,83 detik untuk melampaui rekor nasional 44,37 detik. Sementara Mulyadi membukukan 1 menit 49,49 detik untuk memperbarui rekor nasional 1 menit 48,58 detik.

“Tentu saja pencapaian ini sangat membanggakan. Walau dalam keterbatasan fisik, semangat semua atlet konstan bertahan di level tinggi untuk berprestasi,” sahut Juhriannor, pelatih renang Kalsel.

Presiden Joko Widodo hadir bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk menutup Peparnas XVI Papua 2021. Foto: Kemenpora

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Barito Cari Pengganti Evans yang Sedih Terpaksa Pergi
Euro 2020

Sport

Jadwal Euro 2020 Selasa 22 Juni: Inggris Bayangi Rep Cek di Puncak Klasemen
apahabar.com

Sport

Latihan Virtual Selesai, Timnas U-19 Indonesia Gelar TC di Jakarta, Pekan Depan Terbang ke Korsel
apahabar.com

Sport

Perempat Final Liga Champions: Bayern Bentrok Barca
apahabar.com

Sport

Diwaspadai Arema, Samsul Siap Menangkan Barito

Sport

Hasil Liga Champions: Manchester City Pamer Ketajaman, Berondong Club Brugge Lima Gol

Sport

Jadwal Liga Champions Pekan Ini: Manchester City vs PSG, Lionel Messi Terancam Absen

Sport

Hasil Akhir Timnas U19 Indonesia vs Makedonia Utara, Garuda Muda Menang 4-1
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com