Akhirnya, Buronan Pelaku Penggelapan Motor Scoopy di HST Diringkus Tim Resmob Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru, Terapkan Layanan Bersyariat Islam Via Jamela, KPK Dalami Keperluan Pribadi Bupati HSU 5 Kali HST Diterjang Banjir, Mitigasi Mestinya Dicermati Pemkab Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch!

Peringatan Hari Pahlawan, Wali Kota Banjarbaru Serahkan Bingkisan ke Pejuang Veteran

Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin menghadiri peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Lapangan Murjani, Rabu (10/11). Bertindak
- Apahabar.com     Rabu, 10 November 2021 - 19:25 WITA

Peringatan Hari Pahlawan, Wali Kota Banjarbaru Serahkan Bingkisan ke Pejuang Veteran

Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin saat menyerahkan bingkisan kepada para pejuang veteran di Banjarbaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin menghadiri peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Lapangan Murjani, Rabu (10/11). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid.

Tampak hadir Ketua DPRD Kota Bajarbaru Fadliansyah, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah dan Perwakilan Kejari Kota Banjarbaru serta pejuang veteran Kota Banjarbaru.

Dalam sambutannya, inspektur upacara mengatakan setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa. Dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang banyak.

“Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan melainkan politik harapan,” ujar AKBP Nur Khamid.

Seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit kemerdekaan dan perjuangan juga mental-karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

“Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan,” tegasnya.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, peringatan Hari Pahlawan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

Juga membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

“Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai NKRI,” ucap Ovie sapaan akrab Wali Kota Banjarbaru.

Dalam kesempatan itu, Ovie didampingi Forkopimda Kota Banjarbaru menyerahkan bingkisan kepada para pejuang veteran Kota Idaman.

Hari Pahlawan

Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin saat menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Murjani Rabu (10/11). Foto-Istimewa

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Walikota Salurkan 42 Ekor Sapi Kepada Warga
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tablig Akbar di Hari Jadi Banjarbaru, Pemkot Undang UAS dan Guru Zuhdi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Izinkan Tempat Ibadah Buka dengan Syarat

Pemko Banjarbaru

Buka Pelatihan Penguatan Mutu Pendidik Al-Quran, Wartono: Ini Profesi yang Luhur
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kunjungi Guntung Paikat, Pjs Wali Kota Banjarbaru Juga Ingin Penataan Sungai Kemuning

Pemko Banjarbaru

Kunjungi IKM, Istri Pjs Wali Kota Banjarbaru Ingin Pelaku Usaha Gerakan Ekonomi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Akhirnya Skate Park Berstandar Internasional Ada di Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Usai PSBB Kapuas, Bagaimana Kegiatan di Rumah Ibadah?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com