Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Peringati Hari Pahlawan di Kalsel, Puluhan Perwakilan Veteran Pejuang Terima Bingkisan dari Paman Birin

- Apahabar.com     Rabu, 10 November 2021 - 12:10 WITA

Peringati Hari Pahlawan di Kalsel, Puluhan Perwakilan Veteran Pejuang Terima Bingkisan dari Paman Birin

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyerahkan bingkisan kepada perwakilan veteran pejuang saat peringati Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11). Foto-apahabar.com/istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan perwakilan veteran pejuang menerima paket bingkisan dari Gubenur Kalsel, H Sahbirin Noor saat memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021, Rabu (10/11).

Tercatat ada 36 orang perwakilan veteran pejuang di Kalsel masing-masing menerima paket bantuan yang isinya berupa sembako dan parsel.

Bantuan itu diberikan Paman Birin, begitu Gubernur Sahbirin Noor disapa, secara langsung, usai memimpin upacara Hari Pahlawan Nasional yang digelar di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalsel, Kota Banjarbaru.

Dalam upacara yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu, Paman Birin menyampaikan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini, tentang Hari Pahlawan Nasional bertemakan Pahlawanku Inspirasiku.

 

Terlihat Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengenakan pakaian pejuang berwarna putih dan mengenakan sarung di pinggangnya. Sebagaimana ciri khasnya, dengan berdiri tegak memimpin upacara tersebut.

Paman Birin bertindak sebagai inspektur upacara Hari Pahlawan Nasional di halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Rabu (10/11). Foto-Istimewa

Paman Birin mengatakan, bahwa peringatan hari pahlawan dapat dijadikan refleksi tentang keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan.

“Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua dalam misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yakni kemiskinan dan kebodohan dalam artian yang luas,” ujar Paman Birin.

Hal itu, kata Paman Birin sejalan dengan tema Peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2021.

“Pahlawanku Inspirasiku,” tegasnya membacakan amanat Menteri itu.

Lebih lanjut, peringatan Hari Pahlawan juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai–nilai persatuan, kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial.

“Melalui Hari Pahlawan 2021 ini, marilah kita bersama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” tutur Paman Birin.

Selepas upacara dilanjutkan penyerahan bingkisan kepada 36 orang perwakilan veteran pejuang oleh Paman Birin.

Selanjutnya rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menuju Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru guna meletakkan karangan bunga (tabur bunga).

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Siti Nuriyani menjelaskan, upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 tersebut yang mengangkat tema Pahlawanku Inspirasiku di halaman kantor Gubernur Kalsel itu dilaksanakan hanya untuk sebagian pegawai pemerintahan.

”Hanya 50 persennya saja, dari SKPD yang berkantor di Banjarbaru,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerumunan dan mengingat saat ini Kalsel masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan pelaksanaan dilakukan dengan terbatas.

“Kita melaksanakan sesuai aturan dan tidak melanggar aturan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Hari peringatan pahlawan 2021 ini meski terbilang sederhana, namun ia berharap para generasi muda bisa meneladani perjuangan para pahlawan untuk memajukan bangsa.

“Saya harap generasi muda saat ini bisa terinspirasi dari jiwa para pahlawan yang berjuang tanpa pamrih untuk kemerdekaan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Blusukan ke Tanah Bumbu, Bunda Nunung Dukung Penuh Perkembangan Literasi Daerah
PT CSKC

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Terima 4 Ribu Sak Semen dari PT CSKC

Pemprov Kalsel

Apresiasi Perkembangan Literasi, Dispersip Kalsel Beri Piagam Penghargaan untuk Para Penulis Tanbu
Limbah Jagung

Pemprov Kalsel

Mengubah Limbah Jagung Jadi Pakan Sapi dengan Mesin Silase Buatan BPTP Kalsel
Pj Gubernur Kalsel

Pemprov Kalsel

Pj Gubernur Sebut Penerimaan Pajak Air Permukaan di Kalsel Relatif Kecil
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Resmi Dimulai, Hari Pertama SKB CPNS Kalsel Terpantau Lancar
Banjarmasin

Pemprov Kalsel

Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok

Pemprov Kalsel

Penting! Pemprov Kalsel Keluarkan Surat Edaran Penanganan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com