Ssttt! Wanita di Pusaran Bupati HSU Diperiksa KPK Lagi Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru

Polda Kalsel Beri Dukungan Sikososial Serta Beasiswa Bagi Anak Terdampak Covid-19

- Apahabar.com     Selasa, 2 November 2021 - 15:04 WITA

Polda Kalsel Beri Dukungan Sikososial Serta Beasiswa Bagi Anak Terdampak Covid-19

Penyerahan beasiswa bagi anak terdapak Covid-19 oleh Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono didampingi Dirkrimsus, Kombes Pol Suhasto. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Habibah (10) tampak sumringah. Siswi sekolah dasar (SD) di Banjarmasin itu baru saja mendapat beasiswa.

Mafhum, nasib malang menimpanya awal 2021 lalu. Ia harus menerima cobaan berat di usia belia. Ayahnya meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Sekarang Habibah hidup bersama sang ibu sebagai tulang punggung keluarga. Ia juga punya adiknya yang masih kecil. “Alhamdulillah Bibah dapat beasiswa sekolah,” ujar Novi ibu dari Habibah.

Ya, Habibah adalah satu dari 37 anak yang mendapat beasiswa pada acara Dukungan Sikososial Bagi Anak-anak Terdampak Covid-19 yang dilaksanakan Polda Kalsel, bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Kalsel, Jhonlin Group, Hasnur Group, dan Dinas Sosial, Selasa (2/11).

Selain pemberian beasiswa, ada 60 anak terdapak Covid-19 diajak mengikuti permainan dalam kegiatan tersebut. Tujuan tak lain untuk menghilangkan traumatik akibat kejadian berat yang mereka alami.

“Karena mereka lebih rentan terdampak psikologinya. Belum bisa memahami situasi dan kondisi, apalagi sampai kehilangan orangtua,” ujar Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono didampingi Dirkrimsus Kombes Pol Suhasto, dan Dirpolair Kombes Pol Takdir Mattanete usai membuka acara.

Pendamping terhadap anak itu kata Agung sangat perlu dilakukan. Mereka sudah seharusnya mendapat perhatian dan kasih sayang di saat mereka kehilangan figur orang tua.

“Teman-teman Himpsi dan psikologi SDM membantu agar ia tidak Down. Agar mereka tetap semangat, dan terus belajar sebagai penerus bangsa,” imbuh Wakapolda.

Ketua Himpsi Kalsel, Sukma mengungkapkan untuk peserta yang mengikuti pemulihan sikologi ada sebanyak 60 anak.

Pemulihan psikologi dilakukan dengan metode bermain. Di situ juga dilakukan observasi terhadap kepribadian anak. Apakah persoalan berat yang mereka alam berpengaruh terhadap kepribadiannya atau tidak.

Jika saat bermain ditemukan ada kejanggalan, misal banyak diam dan melamun, maka selanjutnya akan diberikan konseling baik terhadap anak maupun orangtuanya.

“Ketika bermain apakah cenderung diam, mungkin akan didalami. Misal apakah anak sering mimpi buruk, ada kondisi berbeda sebelum dan sekarang,” jelasnya.

Adapun perwakilan dari Jhonlin Group, Rikval Fachruri mengungkapkan pihaknya turut berpartisipasi dalam pembinaan dan bantuan sosial terhadap anak terdampak Covid-19 sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Ini langkah-langkah Jhonlin membantu di bidang sosial. untuk anak-anak yang terdampak Covid-19 yang mereka juga kehilangan orangtuanya,” ucap Rikval.

Rikval mengungkapkan, 37 anak yang menerima beasiswa tersebut sudah dipilih. Di mana mereka harus kehilangan orang tua akibat terpapar Covid-19.

“Pemberian beasiswa kepada anak yang terdampak secara langsung ada 37. Kemudian ada lagi tambahan dari CSR. Beasiswa diberikan dari SD hingga mereka SMA,” pungkas Rikval.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sebelum Tewas Tenggelam, 2 ABK di Tapin Hendak Beli Makan
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar Lakukan Pelepasan Burung Dara di HAN 2019, Intip Maknanya
apahabar.com

Kalsel

Perusahaan Wajib Setor Dana CSR Demi Kemajuan Pembangunan di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Brakk!! Perwira TNI Kotabaru Luka Parah Diseruduk Pemuda Mabuk

Kalsel

Mahasiswa Tabalong Meninggal Segera Dipulangkan, Jenazah Sudah di Bandara Mesir
apahabar.com

Kalsel

7 Tips Parkir Kendaraan Saat Haul Sekumpul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar bersama PCNU Ada di Pameran Artefak Rasulullah
apahabar.com

Kalsel

Aroma Dendam di Balik Polemik Kadishub dengan Komisi III Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com