Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik Sikapi Putusan MK, Jokowi Tegaskan Revisi UU Cipta Kerja Secepatnya Dilantik Esok, Sederet PR Menanti Sekda Baru Banjarmasin

Polisi Dalami Kemungkinan Sabotase Kebakaran Tangki Pertamina

- Apahabar.com     Rabu, 17 November 2021 - 09:32 WITA

Polisi Dalami Kemungkinan Sabotase Kebakaran Tangki Pertamina

Kemungkinan sabotase di kebakaran tangki Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, masih didalami polisi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Polisi masih menyelidiki peristiwa kebakaran tangki Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah. Terkait dugaan penyebab kebakaran tangki tersebut karena sabotase juga bakal didalami polisi.

“Penyidik Polda Jateng berdasarkan fakta dan hasil riksa para saksi, dugaan sementara kuat penyebab utama adalah karena petir. Untuk (penyebab) lain masih didalami,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, dikutip dari detikcom, Selasa (16/11/2021).

Dedi menjawab pertanyaan soal kemungkinan kebakaran tangki Pertamina karena sabotase yang disampaikan Adian Napitupulu.

Polisi memang telah memeriksa sebanyak 6 saksi terkait peristiwa ini. Dari situ kemudian, polisi merilis kesimpulan sementara bahwa kebakaran tangki Pertamina di Cilacap diakibatkan oleh sambaran petir.

Dedi menjelaskan bukan tidak mungkin apabila ditemukan penyebab lain selain petir yang mengakibatkan kilang terbakar. Sebab, tim gabungan masih bekerja.

“Tapi tidak menutup kemungkinan dari hasil pemeriksaan tim terpadu nanti akan di-publish kembali. Apakah ada unsur-unsur terkait lainnya,” ucap Dedi.

Seperti diketahui, kepolisian mengungkap lewat dua kamera CCTV bahwa petir memang sempat menyambar tangki Pertamina di Cilacap sebelum terbakar. Meski begitu, anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu masih meyakini kebakaran tangki Pertamina Cilacap diduga akibat adanya sabotase.

“Ada banyak kemungkinan di balik penyebab terbakarnya kilang Cilacap. Mulai petir, human error, ataupun sabotase untuk beragam kepentingan,” kata Adian saat dihubungi, Selasa (16/11).

Adian lantas menjelaskan mengapa sabotase bisa menjadi salah satu kemungkinan penyebab terbakarnya tangki Pertamina. Dia menyebut BBM merupakan salah satu sektor penting bagi rakyat dan negara.

“Kenapa sabotase bisa menjadi kemungkinan? Karena besarnya kepentingan terhadap BBM bagi semua sektor kehidupan rakyat dan negara. BBM penting bukan saja bagi petani, tapi juga bagi buruh hingga polisi dan tentara. Itu sebabnya, kilang minyak masuk dalam kategori objek vital negara,” ucapnya.

Tak hanya itu, politikus PDIP ini menilai lucu ketika petir selalu dijadikan alasan di balik kebakaran tangki Pertamina. Jika memang petir penyebabnya, Adian menilai berarti Pertamina memang tidak pernah belajar dari yang sudah-sudah atau memang bodoh sehingga tidak bisa antisipasi lewat penangkal petir.

“Agak lucu kalau petir selalu menjadi alasan atas terbakarnya kilang Pertamina. Jika petir selalu menjadi sebab terbakarnya kilang, itu membuktikan paling tidak dua hal. Pertama kita tidak belajar dari peristiwa serupa di masa lalu yang terjadi berkali-kali atau kita sedemikian bodohnya sehingga tidak mampu mengantisipasi dengan membuat penangkal petir yang lebih baik,” jelasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Seru! Empat Kepala Daerah Paparkan Keunggulan Wilayah Mereka, Simak Penjelasannya

Nasional

Mengintip Laporan Kinerja Pemerintahan Jokowi lewat “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh 2021”
apahabar.com

Nasional

Tercatat 7 Kali Letusan, Status Gunung Merapi Masih Waspada Level II

Nasional

Bak Preman Pukul Bumil Saat PPKM, Sekretaris Pol PP Gowa Belum Diamankan
OTT

Nasional

Malam Ini, KPK Beberkan Hasil OTT Bansos Pandemi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Identifikasi Korban Lion Air PK-LQP Perlu Waktu 3 Minggu
apahabar.com

Nasional

Daftar Diskon dan Promo Ponsel Harbolnas 2018
Airlangga

Nasional

Menko Airlangga Sebut Proses Vaksinasi Covid-19 Setelah Evaluasi BPOM dan Fatwa MUI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com