Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

PPKM di Luar Jawa-Bali Berakhir Hari Ini, Apa Selanjutnya?

- Apahabar.com     Senin, 8 November 2021 - 09:15 WITA

PPKM di Luar Jawa-Bali Berakhir Hari Ini, Apa Selanjutnya?

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Sejak 19 Oktober lalu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan untuk mengendalikan laju penularan virus Corona (Covid-19). Dan Senin (8/11) hari ini, PPKM di luar Jawa dan Bali berakhir.

Terkait dengan hal itu, pemerintah belum memutuskan apakah pemberlakuan PPKM akan diperpanjang atau menghentikannya secara total.

Sejauh ini, pemerintah telah menerapkan PPKM sebanyak 12 kali perpanjangan sejak awal penanganan pandemi Covid-19 di nusantara.

Mengutip CNN Indonesia, tercatat pada 16 Oktober 2021 atau berdasarkan hasil evaluasi jelang perpanjangan PPKM kemarin, hanya 1 provinsi yang berada di level 3 yakni Kalimantan Utara. Sementara itu, 23 provinsi di level 2, dan 3 provinsi di level 1, yakni Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau. Sebanyak tiga kabupaten/kota berada di level asesmen 3 yaitu Bangka, Bulungan, dan Tarakan. Turut dievaluasi ada 3 kabupaten/kota turun dari level 3 ke level 2, yaitu di Pidie, Padang, dan Banjarmasin.

Beberapa indikator yang digunakan pemerintah dalam menentukan PPKM antara lain adalah jumlah kasus covid-19, kematian, kesembuhan, testing dan tracing. Selanjutnya, indikator keterisian tempat tidur rumah sakit, hingga capaian jumlah warga yang sudah menerima dosis vaksin Covid-19 di wilayah masing-masing tersebut.

Secara nasional, laju penularan Covid-19 semakin menurun jika dibandingkan dengan puncak gelombang kedua Juni-Juli lalu. Hingga saat ini, rata-rata penambahan kasus positif di Indonesia berada di bawah angka 1000 kasus.

Sementara itu, hingga saat ini capaian vaksinasi dosis satu per tanggal 7 November sudah mencapai 60 persen dari total sasaran, meskipun, Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan lima provinsi di luar Jawa-Bali memiliki cakupan vaksinasi dosis lengkap di bawah rata-rata angka nasional.

Adapun kelima provinsi tersebut adalah Lampung sebesar 20,76 persen, Sulawesi Utara 28,81 persen, Sulawesi Tenggara 20,31 persen, Maluku Utara 17,5 persen, dan Papua 17,56 persen.

Berjalan beriringan, saat ini PPKM untuk area Jawa-Bali masih berlangsung sejak 2 hingga 15 November 2021. Terpantau tidak terdapat pula daerah dengan level 4 di Jawa-Bali. Termasuk DKI Jakarta yang sudah ditetapkan sebagai daerah level 1.

Namun, dalam berbagai kesempatan, pemerintah juga mengingatkan masyarakat untuk tidak larut dalam euforia kabar baik tersebut hingga abai pada protokol kesehatan. Laju gelombang tiga covid-19 diprediksi sejumlah epidemiolog juga pemerintah akan terjadi pada akhir tahun seiring libur natal dan tahun baru.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Golkar Akan Berikan Penghargaan kepada Jusuf Kalla
apahabar.com

Nasional

Berduka, Presiden Jokowi Kenang Ucapan Almarhum Sutopo soal Hidup
apahabar.com

Nasional

Sempat Mencekam, Polisi: Situasi Penajam Sudah Pulih
Simpatisan Habib Rizieq

Nasional

Polisi Amankan Simpatisan Habib Rizieq di Depan PN Jakarta Timur

Nasional

Sah! Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro hingga 8 Maret 2021
apahabar.com

Nasional

1.048 Peserta Mendaftar Ikut Pawai Tolak Plastik
apahabar.com

Nasional

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2019
apahabar.com

Nasional

Pedangdut Cita Citata Terseret Fee Dana Bansos Rp150 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com