Rangkaian Hari Menanam Indonesia, Wali Kota dan DLH Banjarbaru Tanam Ribuan Pohon Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa 2 Saksi Siang Ini

Praka MAM, Pembunuh Kekasih di Balikapan Divonis Seumur Hidup

- Apahabar.com     Selasa, 23 November 2021 - 21:34 WITA

Praka MAM, Pembunuh Kekasih di Balikapan Divonis Seumur Hidup

Suasana sidang putusan kasus Praka MAM di Pengadilan Militer pada Selasa (23/11) sore. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Oknum TNI bernama M Abdul Mutholib (MAM) divonis hukuman penjara seumur hidup. Hal ini setelah majelis hakim Pengadilan Militer I-07/Balikpapan membacakan putusannya saat sidang kasus pembunuhan berencana pada Selasa (23/11) sore.

Oknum TNI berpangkat Praka yang melakukan pembunuhan berencana terhadap kekasihnya bernama Riski Ramadhini (30) alias Kiki pada 1 Maret 2021 silam. Pidana tambahan lainnya yakni Praka MAM dipecat dari dinas militer.

Humas Pengadilan Militer I-07/Balikpapan, Mayor CHK Tatang Sudjana Krida mengatakan bahwa Praka MAM dinyatakan melakukan pembunuhan berencana dan setelah menghabisi nyawa kekasihnya itu, ia berusaha menghilangkan sejumlah barang bukti, seperti handphone korban, baju korban dan menghapus nomor mesin dan rangka sepeda motor korban.

“Terdakwa dikenakan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan dengan perencanaan serta Pasal 221 mengenai mempersukar penyelidikan dengan merusak, menghilangkan barang bukti,” terangnya.

Putusan tersebut diterima Kuswanto yang tak lain ayah korban. Meski ia menganggap hukuman tersebut masih belum setimpal.

“Iya, kami terima keputusan majelis hakim. Kalau setimpal tentu belum, karena anak kami tidak bisa kembali,” ujarnya usai mengikuti jalannya persidangan.

Sementara Praka MAM masih mempertimbangkan apakah dirinya akan menerima putusan tersebut atau banding. Dia diberi waktu selama tujuh hari sebelum menentukan upaya hukum selanjutnya.

Sidang pembacaan putusan tersebut dipimpin oleh Hakim Ketua Letkol Setyanto Hutomo dengan anggota Mayor CKH Tatang Sudjana Krida dan Hakim Mayor CKH Hadiriyanto.

Diketahui sebelumnya, Kiki yang merupakan seorang guru honorer di salah satu sekolah dasar di Balikpapan Tengah ini mendadak menghilang tanpa kabar pada 1 Maret 2021. Ia pun ditemukan dalam kondisi mengenaskan yakni tersisa tulang belulang saja pada Selasa, 13 April 2021 di semak belukar kawasan Jalan Transad KM 8 tembusan TPA Manggar, Balikpapan Utara.

Sebelum menghilang, korban berpamitan kepada orangtuanya ingin pergi ke kawasan Manggar untuk mengambil baju Persit yang akan digunakan untuk foto prawedding bersama pelaku. Saat itu ia menaiki sepeda motor Honda Beat KT 4767 ZM. Di sinilah Praka MAM menghabisi korban secara keji, mayatnya pun ditinggal di semak-semak Jalan Transad, KM 8.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

PPKM Turun Level 2, Balikpapan Gelar PTM Senin Depan

Kaltim

Kasus Herman Tewas di Penjara Balikpapan, Polda Kaltim Dalami Dugaan Soal Uang Damai

Kaltim

Geger! Dikira Boneka, Pemulung Temukan Jasad Bayi di Tempat Sampah
apahabar.com

Kaltim

Berangsur Surut, Pemkot Perpanjang Status Darurat Banjir Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Menuju Lumbung Sapi Nasional
Si Jago Merah

Kaltim

Lebaran, Si Jago Merah Hanguskan Sejumlah Rumah di Lambung Mangkurat Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Tips Terhindar Banjir Kala Menuju Bandara Samarinda
Balikpapan

Kaltim

Heboh Anak Hilang di Balikpapan, Polisi Buru Pria Misterius Pembawa ZR
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com