Jelang Nataru, Palangka Raya Awasi Potensi Penimbunan Bahan Pokok Kejagung Tetapkan Seorang Pengacara Sebagai Tersangka Kasus LPEI Kaltim Raup Rp 19,8 M dari Pisang Kepok Gerecek di Expo Pangan Nusantara Respons Bupati Barito Timur Soal Warning Mensos Risma Terkait Banjir ‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai

Presiden Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie hingga Pahlawan Tak Dikenal

- Apahabar.com     Rabu, 10 November 2021 - 12:06 WITA

Presiden Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie hingga Pahlawan Tak Dikenal

Tangkap layar - Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam Upacara Ziarah Nasional Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, Rabu (10/11). Foto-Antara/Desca Lidya Natalia

apahabar.com, JAKARTA – Usai menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021 di TMP Kalibata, Rabu (10/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tabur bunga di makam para pahlawan nasional.

Presiden Jokowi melakukan tabur bunga ke makam Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie hingga tempat peristirahatan terakhir para pahlawan tidak dikenal.

“Presiden Jokowi melakukan tabur bunga ke makam almarhum BJ Habibie di Blok M-120 dan almarhumah Hj Ainun Habibie di Blok M-121,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu dilansir Antara.

Selajuntnya Presiden Jokowi dan rombongan juga melakukan tabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014, Taufiq Kiemas, yang terletak di Blok M-114, makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono yang ada di Blok M-129, makam mantan Wakil Presiden ke-4 RI Umar Wirahadikusuma di Blok M-102, makam Wapres ke-5 RI Soedarmono di Blok M-107, hingga makam Wapres ke-3 RI Adam Malik di Blok E–119A.

“Presiden Jokowi juga melakukan tabur bunga di makam pahlawan revolusi di Blok E–79 sampai 83 serta pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tidak dikenal yang ada di Blok M–59 sampai M–62,” tambah Heru.

Sebelum melakukan tabur bunga, Presiden Jokowi memimpin upacara ziarah nasional untuk memperingati Hari Pahlawan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Tampak dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di lokasi yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang menjadi pembaca doa.

Upacara dimulai setelah Presiden Jokowi menerima laporan dari Komandan Upacara. Para peserta upacara kemudian memberi penghormatan kepada para pahlawan dengan diikuti sikap hormat senjata.

Para peserta upacara kemudian mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dengan ditandai bunyi sirene. Setelah itu, Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Presiden Jokowi kemudian meletakkan karangan bunga di tugu TMP Kalibata. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin kemudian meninggalkan tempat upacara, dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Komunitas Motor Percantik Toilet di Lokasi Wisata, Sandiaga Uno Beri Apresiasi
apahabar.com

Nasional

Pukul Kucing Hingga Tewas, Sopir Angkot Bakal Dipolisikan
apahabar.com

Nasional

Kapolri Idham Azis Pimpin Sertijab 8 Kapolda
apahabar.com

Nasional

Warga Pandeglang Korban Tsunami Kembali Mengungsi Akibat Banjir
apahabar.com

Nasional

Relawan Capres-Cawapres 01 dan 02 Kompak Tasyakuran Pemilu Berlangsung Damai
apahabar.com

Nasional

Bagaimana Haul Guru Sekumpul Jadi Wisata Rohani Terbesar se-Asean
apahabar.com

Nasional

Jadi Komisaris Garuda, Yenny Wahid : Ini Bukan Soal Politik

Nasional

Positif Covid-19, Wakil Wali Kota Dumai Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com