Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Program 2022, Lapas Narkotika Karang Intan Akan Rehabilitasi 400 Warga Binaannya

- Apahabar.com     Kamis, 25 November 2021 - 14:28 WITA

Program 2022, Lapas Narkotika Karang Intan Akan Rehabilitasi 400 Warga Binaannya

Warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan secara bergiliran mengikuti skrining pendahuluan program rehabilitasi sosial, di aula ruang kunjungan, Rabu (14/11). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Sebanyak 400 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan dipersiapkan untuk program rehabilitasi sosial.

Tujuannya untuk mempersiapkan warga binaan pecandu dan penyalahgunaan narkotika dapat pulih, produktif serta berfungsi sosial kembali.

Kalapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo mengatakan pada tahun anggaran 2022 pihaknya kembali ditunjuk Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Menkumham RI untuk program rehabilitas sosial bagi warga binaanya.

Sejak kemarin Rabu (24/11), kata Wahyu Susetyo skrining pendahuluan sudah dilakukan. Ratusan warga binaan secara bergantian mengikuti skrining pendahuluan di aula ruang kunjungan Lapas Narkotika Karang Intan, dengan menerapkan prokes Covid-19

“Kegiatan diawali dengan skrining pendahuluan bagi calon perserta rehabilitasi, yang nanti akan menempati blok hunian khusus program rehabilitasi sosial,” ujar Kalapas Wahyu Susetyo, Kamis (25/11).

Dijelaskannya, skrining pendahuluan dilakukan untuk mendapatkan informasi awal, apakah ada faktor resiko atau masalah yang berhubungan dengan penggunaan narkotika.

“Berbagai masalah awal akan diketahui pada saat ini, sebelum para warga binaan mengikuti assesmen dari tim asesor BNN Prov Kalsel,” jelas Wahyu.

Lebih jauh, Wahyu menjelaskan, kegiatan rehabilitasi sosial penyalahgunaan narkotika dilaksanakan dalam rangka menjalankan strategi demand reduction, yakni pengurangan kebutuhan zat narkotika, serta meningkatkan kualitas hidup warga binaan pecandu dan penyalahguna narkotika

“Dari kegiatan rehabilitasi ini diharapkan nantinya warga binaan dapat diterima kembali dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat setelah mereka bebas nanti,” ujar Kalapas.

Salah seorang warga binaan yang turut diskrining, Mardani mengaku antusias mengikuti skrining pendahuluan serrta siap menjadi bagian dalam program rehabilitasi sosial.

“Semoga tahun depan saya bisa mengikuti program rehabilitasi Lapas Narkotika Karang Intan, dan mendapatkan berbagai manfaat sebagai bekal saya saat bebas nanti,” katanya singkat.

Sekedar diketahui, 2021 ini Lapas Narkotika Karang Intan sudah selesai menyelenggarakan program rehabilitasi sosial yang diikuti 240 orang warga binaan dengan berbagai kegiatan yang diagendakan selama satu tahun.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kabupaten Banjar

PPKM Level III, Tim Gabungan Sasar Tempat Tongkrongan di Martapura

Kabupaten Banjar

Jajaran Polres Banjar Sukses Bongkar Kasus Sabu
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Serahkan di ‘Detik-detik Akhir’, KPU Banjar: Berkas Mada-Ferry Masih Dalam Perhitungan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Soal Vaksin Rubella, Dinkes Banjar Ajak Tokoh Agama Temui MUI Pusat

Kabupaten Banjar

Ke Rumah Guru Munawwar, Wabup Banjar Sosialisasi Pentingnya Vaksin
Curi Pompa Air

Kabupaten Banjar

Curi Pompa Air, Warga Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Diringkus Polisi
Banjar

Kabupaten Banjar

Bak Ditelan Bumi, Komisioner dalam Transkrip PPK Banjar Terima Duit Akhirnya Muncul
Banjar

Kabupaten Banjar

Ketua TP PKK Banjar Apresiasi Produk Binaan Lapas Perempuan Martapura
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com