Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Resmi Beroperasi, Jokowi Yakin Tol Serang-Panimbang Dongkrak Ekonomi Banten

- Apahabar.com     Selasa, 16 November 2021 - 12:00 WITA

Resmi Beroperasi, Jokowi Yakin Tol Serang-Panimbang Dongkrak Ekonomi Banten

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Serang-Panimbangan Seksi I Ruas Serang-Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11). Foto-Antara

apahabar.com, BANTEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Serang-Panimbangan Seksi I Ruas Serang-Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11).

Jokowi yakin beroperasinya tol Serang-Panimbang akan menjadi infrastruktur pendongkrak pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten, khususnya untuk Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

“Saya yakin ini menjadi pengungkit ekonomi di Provinsi Banten khususnya, terutama di sekitar jalan tol ini yaitu Kabupeten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” kata Presiden Jokowi.

Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang di Banten dibangun sepanjang 83,6 kilometer. Terdiri dari tiga seksi dibangun oleh PT Wijaya Karya Persero Tbk dan pemerintah.

Presiden Jokowi berharap keseluruhan seksi di proyek tol tersebut dapat selesai pada 2023.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa konektivitas, termasuk dari pembangunan jalan tol, merupakan faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik. Infrastruktur juga akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Presiden Jokowi.

Infrastruktur, kata Presiden Jokowi, juga menjadi fondasi bagi negara untuk meningkatkan daya saing ekonomi dengan negara lain.

Tanpa infrastruktur, biaya logistik suatu negara akan meningkat yang membuat harga barang akan menjadi mahal.

Dengan begitu, lanjutnya, Tol Serang-Panimbang diharapkan akan membuat daya saing komoditas dari Banten menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Banten.

“Dan juga memberikan fasilitas pada produksi. Orang berproduksi, pertanian berproduksi, perkebunan berproduksi, itu ada jalan menuju konsumennya, sehingga akan lebih memudahkan,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan Tol Serang-Panimbang akan memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat Banten.

Dia mengungkapkan terdapat permintaan dari kepala daerah dan juga masyarakat Banten agar proses pembangunan Tol Serang-Panimbang untuk Seksi III Ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dipercepat.

“Sehingga harapan masyarakat dapat diwujudkan,” ujarnya.

Tiga seksi Tol Serang-Panimbang terdiri dari Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer dan Seksi II Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,1 kilometer.

Kedua seksi ini dibangun konsorsium dengan mayoritas PT Wijaya Karya (Persero). Kemudian.Seksi III Cileles-Panimbang 33 kilometer dibangun oleh pemerintah.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Filipina Awasi Ratusan Kapal China Masuk di Perairan Sengketa
apahabar

Nasional

Prihatin dengan Kondisi Toleransi di Indonesia, Jokowi: Saya Sedih
apahabar.com

Nasional

Jadi Ketua DPD, Berapa Kekayaan La Nyalla Mattalitti?
apahabar.com

Nasional

Kemendagri Sebut Tidak Ada Desa Siluman
bnpb

Nasional

Buka Rakornas BNPB, Jokowi: Covid-19 Berikan RI Pelajaran Penting
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Amin Berupaya Rekonsiliasi dengan Prabowo-Sandiaga Uno
apahabar.com

Nasional

Ini Alasan Siti Aisyah Bebas dari Hukuman Mati
apahabar.com

Nasional

Gantikan Jokowi, Hari Ini Ma’ruf Amin Bertolak ke Jepang Hadiri Penobatan Kaisar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com