Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Sederet Aturan PPKM Level 3 Nataru Mencuat, Satgas Kalsel Tunggu Inmendagri

- Apahabar.com     Senin, 22 November 2021 - 18:21 WITA

Sederet Aturan PPKM Level 3 Nataru Mencuat, Satgas Kalsel Tunggu Inmendagri

Aturan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 selama masa libur Nataru mencuat. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah aturan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 selama masa libur Natal 2021 dan tahun baru 2022, mencuat.

Pemerintah akan memberlakukan PPKM level 3 se-Indonesia mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Dalam hal ini, sejumlah kegiatan masyarakat di ruang publik akan kembali diperketat.

Melansir laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), kebijakan ini dilakukan untuk L memperketat pergerakan orang dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Nataru.

Menko PMK, Muhadjir Effendi meminta Kementerian/Lembaga secara sektoral, TNI/Polri, Satgas Covid Nasional melalui BNPB, Pemerintah Daerah, serta komponen strategis lainnya untuk menyiapkan SE dan dukungan operasional pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Nataru.

Muhadjir menegaskan bahwa kebijakan PPKM level 3 tersebut masih akan ditambah dengan beberapa pengetatan lain, terutama untuk menghindari timbulnya kerumunan massa.

“Pada libur Nataru ini kita berlakukan pengetatan dan pengetatannya mengadopsi pedoman yang selama ini berlaku untuk PPKM Level 3 plus ada beberapa pengetatan,” kata Muhadjir dikutip seperti dikutip apahabar.com, Senin (22/11/2021).

Dia menyebut beberapa tambahan pengetatan terutama yang berkaitan dengan potensi kerumunan besar-besaran, mulai dari pesta tahun baru, pelaksanaan peribadatan, hingga kemungkinan menutup tempat wisata yang sulit dikendalikan oleh pemerintah daerah setempat.

“Semuanya nanti akan kita tertibkan. Kalau perlu nanti kalau ada tempat wisata yang pemerintah daerahnya tidak bisa mengendalikan ya ditutup,” ujarnya.

Adapun status PPKM Level 3 akan berlaku mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Kebijakan ini akan diterapkan menunggu Kemendagri menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru.

Kendati begitu, aturan tersebut belum resmi diterapkan. Pemerintah hingga kini masih menggodok intruksi menteri dalam negeri (Inmendagri) terbaru.

“Inmendagrinya belum kita terima. Jadi, belum bisa memastikan apa saja aturannya,” kata Jubir Satgas Covid-19 Kalsel, M Muslim dihubungi apahabar.com, Senin (22/11).

Sebagai informasi, dalam kebijakan PPKM Level 3 pada Inmendagri terdahulu terdapat sederet poin penting.

Di antaranya; mengatur kegiatan di tempat ibadah maksimal kapasitas 50 persen, kegiatan di bioskop dan tempat makan minum maksimal kapasitas 50 persen.

Kegiatan di pusat perbelanjaan maksimal kapasitas 50 persen sampai pukul 21.00 dengan penerapan protokol kesehatan ketat, serta menutup fasilitas umum seperti alun-alun dan lapangan terbuka.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Imam Muchtarom

Kalsel

Imam Muchtarom Resmi Pegang Kendali Kodim 1006/Martapura
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diguyur Hujan,  BMKG Syamsuddin Noor: Sudah Diperkirakan
apahabar.com

Kalsel

Update 13 Oktober: Covid-19 Kalsel Capai 11.131 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Warga Negara Asing di Batulicin Miliki KTP
apahabar.com

Kalsel

Ketum Hipmi Sambut Hidup New Normal Per 1 Juni
Jembatan Alalak

Kalsel

Jadi Ikon Baru Banjarmasin, Jembatan Alalak Perlu Ditata Serius
Jika Renovasi Selesai, Tarif Retribusi Pasar Tungging Naik

Kalsel

Jika Renovasi Selesai, Tarif Retribusi Pasar Tungging Naik
apahabar.com

Kalsel

Sosialiasasi Perbup HSU, Polwan Polres HSU Akrabi Para Tukang Ojek
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com