Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Singapura Buka Pintu Pelaku Perjalanan dari Indonesia

- Apahabar.com     Selasa, 16 November 2021 - 13:31 WITA

Singapura Buka Pintu Pelaku Perjalanan dari Indonesia

Ikon negara Singapura patung air mancur singa. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Singapura akan kembali membuka perbatasan untuk pelaku perjalanan dari Indonesia. Rencananya mulai 29 November 2021.

Namun, dengan catatan mereka yang sudah divaksin (VTL). Rencananya ini telah dibahas Menteri Luar Negeri (Menlu) kedua negara, Selasa (16/11).

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan sepakat untuk melanjutkan pembahasan mengenai pengaturan VTL secara bilateral (resiprokal).

Kedua Menlu juga membahas detail pelaksanaan VTL unilateral yang diberikan oleh Singapura kepada pelaku perjalanan dari Indonesia berdasarkan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain secara langsung, yaitu dari Jakarta ke Singapura.

“Menlu Singapura menyampaikan bahwa pemberlakuan VTL unilateral oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), terus membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia, serta semakin tingginya tingkat vaksinasi,” kata Menlu RI usai pertemuan tersebut, seperti dilansir Antara, Selasa.

Menlu Retno juga menyampaikan informasi dari Menlu Singapura bahwa pemberlakuan VTL unilateral Singapura akan menggunakan penerbangan tertentu (assigned flight), untuk terus menjaga kesehatan.

Dengan VTL, pelaku perjalanan dari Indonesia yang telah divaksin dapat masuk ke Singapura dengan menunjukkan hasil tes usap PCR negatif kemudian melakukan tes Covid-19 saat ketibaan, tanpa perlu menjalani karantina.

Kuota untuk VTL adalah 10.000 orang per hari untuk pendatang dari semua negara yang memperoleh VTL. Pelaku perjalanan tetap harus meminta izin masuk terlebih dahulu kepada pemerintah Singapura sebelum berkunjung ke negara itu.

Warga Negara Indonesia (WNI) mulai dapat mengajukan aplikasi untuk izin masuk ke Singapura pada 22 November 2021.

Pemerintah Indonesia dan Singapura juga terus membahas pembuatan koridor perjalanan (bubble) yang aman, terutama untuk destinasi Bintan (dari Singapura) dengan menggunakan kapal feri.

Menteri Transportasi Singapura dalam pernyataannya mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura merupakan tetangga dekat yang memiliki hubungan baik di bidang ekonomi dan people-to-people.

Kementerian Kesehatan Singapura sebelumnya telah memperbarui status kesehatan Indonesia menjadi Kategori II sejak 12 November 2021.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menlu juga membahas rencana penyelenggaraan leaders’ retreat antara Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Menlu RI dan Singapura sepakat untuk mempersiapkan hasil pertemuan yang konkret dan bermanfaat bagi kedua negara.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bantah Bicarakan Amendemen

Nasional

Temu Jokowi-Parpol Bahas 5 Topik, Bantah Bicarakan Amendemen
Presiden Joko Widodo ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto-Net

Nasional

Waspadai Ekspansi Ideologi Transnasional Radikal, Jokowi: Kokohkan Nilai-nilai Pancasila
apahabar.com

Nasional

Terkait Papua, Polisi Tetapkan Dandhy Tersangka UU ITE
apahabar.com

Nasional

Bingung di Bilik Suara, Amien Rais Tanya Petugas
apahabar.com

Nasional

Sempat Ricuh, Intip Ide TKN-BPN Untuk Debat III

Nasional

Kemendikbud Ingatkan Sanksi Wali Kota Penolak SKB 3 Menteri
apahabar.com

Nasional

Korban: Lihan Jual Nama Ketua Partai, Artis hingga Bos Meikarta!
apahabar.com

Nasional

Kerumunan Petamburan dan Tebet, 80 orang positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com