Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan

Sukses Uji Coba di Bali, Taksi Terbang Siap Mengudara

Uji coba taksi terbang EHang 216 baru sukses melakukan uji coba di Bali. Hasilnya, dilaporkan berjalan lancar."Hasilnya berhasil
- Apahabar.com     Minggu, 28 November 2021 - 09:20 WITA

Sukses Uji Coba di Bali, Taksi Terbang Siap Mengudara

Taksi terbang eHang 216. Foto-Prestige Image Aviation

apahabar.com, JAKARTA – Uji coba taksi terbang EHang 216 baru sukses melakukan uji coba di Bali. Hasilnya, dilaporkan berjalan lancar.

“Hasilnya berhasil dengan sempurna, semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Executive Chairman Prestige Aviation, Rudy Salim, seperti dikutip dari detikcom, Minggu (28/11).

Demonstrasi ini terbagi menjadi 2 tahap, di mana tanggal 25 November telah diadakan demonstrasi secara tertutup terlebih dahulu untuk mempersiapkan acara puncak tanggal 26 November yaitu flight demo yang dibuka secara umum.

EHang mengelilingi langit Bali sesuai rute perizinan dari Direktorat Navigasi Penerbangan untuk mendemonstrasikan kontrol dan koordinasinya secara akurat dari pusat komando.

“Tahap pertama demo ini tanpa penumpang atau cargo di mana kita sebelumnya harus dulu melatih crew kita selama 2 minggu dengan trainer langsung dari pabrikan Ehang, tim yang dilatih adalah pilot dan senior engineer yang sudah pengalaman di dunia aviasi,” jelas dia.

“Tujuan pelatihan agar tim familiar dengan operasional, perawatan pesawat. Juga membangun confident level untuk tahapan selanjutnya,” sambung dia.

Usai melakukan uji terbang Ehang 216 di kawasan Black Stone Beach Bali, Rudy mengatakan taksi terbang ini akan diuji coba di wilayah DKI Jakarta. Sembari Ehang 216 mendapatkan izin operasional.

“Kami akan terus melakukan test di Jakarta, memberikan edukasi mengenai Autonomous Aerial Vehicle (AAV), sembali menunggu proses perizinan,” ujar Rudy.

Rudy berharap flight demo ini akan menjadi cikal bakal dalam pembentukkan ekosistem Urban Air Mobility (UAM). Fungsi kedepannya agar dapat mengelola penerbangan domestik dan memantau serta mengelola pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Rudy belum bisa mengungkap kapan taksi udara Ehang ini bisa terbang membawa penumpang secara legal di Indonesia.

“Ketika perizinannya keluar baru kami akan dikomersialisasi. Sementara masih tahap edukasi kepada calon pembeli dan user,” terang dia.

Pria yang juga berbisnis jual beli supercar ini mengatakan estimasi layanan “Taxi Terbang” EHang 216 bisa memotong waktu perjalanan sejauh 30-50 km dengan kendaraan selama satu jam menjadi hanya 20 menit lewat udara.

Dalam percobaan terbang tersebut, turut hadir Kepala Subdit Sertifikasi Pesawat Udara Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan, Agustinus Budi Hartono. Pihaknya sudah merekomendasikan untuk melakukan demo flight pada Jumat, (27/11) kemarin.

“Kami sebagai regulator terus menyempurnakan aturan-aturan kami untuk dapat mengakomodir pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak. Kami berusaha aturan kami tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi. Kita harapkan dengan hadirnya EHang 216 nantinya kan menjadi alternatif alat transportasi yang lebih cepat dan efisien dan ramah lingkungan,” ujar dia.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Nanang Gunaryanto, Jaksa Penuntut Rizieq Shihab Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Viral! Air Laut di Bawah Jembatan Suramadu ‘Terbelah’
IKN Baru

Nasional

KLHK dan Bappenas Pastikan Penataan IKN Tak Ganggu Konservasi Hutan Lindung
Rachmati Soekarnowati

Nasional

Kabar Duka! Anak Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Selesaikan Masalah Pesangon PHK, RUU Cipta Kerja Masukkan Skema JKP
apahabar.com

Nasional

Longsor Lagi, 5 Pendulang Intan di Pumpung Tertimbun
vaksin covid-19

Nasional

Banyak Nakes Gagal Divaksin karena Darah Tinggi, Menkes: Kurang Olahraga
apahabar.com

Nasional

101 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com