Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Sungai Meluap, Barabai HST Terendam Lagi

Sejumlah kawasan di pusat Kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kembali terendam, Jumat (26/11).Terendamnya beberapa wilayah di Barabai
- Apahabar.com     Jumat, 26 November 2021 - 23:30 WITA

Sungai Meluap, Barabai HST Terendam Lagi

Luapan air Sungai Barabai menggenangi jalan di seputaran Lapangan Pelajar Barabai pukul 18.00, Jumat (26/11). Foto: apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Sejumlah kawasan di pusat Kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kembali terendam, Jumat (26/11).

Terendamnya beberapa wilayah di Barabai ini disebabkan Sungai Barabai yang meluap.

Meluapnya Sungai di Barabai ini diduga akibat hujan dengan intensitas sedang-lebat yang terjadi sejak Kamis (25/11) malam hingga Jumat pagi tadi.

“Pukul 11.00 siang tadi mulai naik debit air di Barabai dan air sudah menggenangi oekarangan rumah. Hingga pukul 16.00 tadi naik drastis ,” kata Hendra warga Munti Raya Barabai Jumat malam.

Banjir yang ke 3 kali dalam November ini pun ramai diposting di media sosial. Netizen bahkan membuat keterangan pada tiap unggahannya dengan kalimat “Banjir lagi nih bos!” kemudian “Banjir seminggu sekali” .

Pantauan apahabar.com, kedalaman air saat ini bervariasi. Paling dalam di wilayah bantaran Sungai Barabai mencapai selutut orang dewasa seperti di Padawangan, Munti Raya, Hevea, Kampung Qadi dan sekitarnya.

Luapan air Sungai Barabai ini juga menggenangi kawasan Pasar Murakata, Pasar I dan Pasar II. Sebagian jalan dekat dengan Lapangan Pelajar, Dwi Warna dan Pasar Keramat Barabai juga terendam.

Bahkan sebagian rumah warga yang berada di bantaran sungai mulai terendam. Ada yang mencapai semata kaki orang dewasa.

Sebagian akses jalan pun diportal seperti di Kamasan dan Simpang Jalan Ulama. Maksudnya agar tidak dilewati kendaraan yang berpotensi mogok sebab ketinggian air.

Dikonfirmasi Plh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD HST, Adi Yuspa menyebutkan saat ini debit air berangsur-angsur menurun dan di ambang normal.

“Genangan air yang merendam sebagain wilayah ini disebabkan ada tumpukan sampah di jembatan Masiraan sehingga air genangan air lambat turun,” kata Yuspa dihubungi lewat telepon selular, Jumat malam.

Banjir kali ini, kata Yuspa juga disebabkan debit air sungai yang sebelumnya sudah dalam kemudian disusul hujan deras sejak kemaren. Sehingga Sungai Barabai meluap.

Nyaris 10 jam HST dan sekitarnya diguyur hujan sejak Kamis malam hingga Jumat pagi.

“Sungai di Hantakan (aliran sungai dari hulu meratus menuju Sungai Barabai-red) juga normal. Namun cuaca masih tidak stabil,” tutup Yuspa.

Barabai HST Terendam

Air naik drastis di kawasan Pasar Murakata sekitar pukul 16.00 akibat luapan Sungai Barabai, Jumat (26/11). Foto: apahabar.com/Lazuardi

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Warga Masih Hobi BAB di Sungai, Prajurit Kodim Barabai Turun Tangan

HST

Berantas Premanisme, 2 Warga HST Diamankan Polisi

HST

Penampakan Tugu Perbatasan HST-HSS, Slogan Bumi Murakata Lenyap
Sabu

HST

Simpan Puluhan Paket Sabu, 2 Warga Pemangkih HST Diringkus John Lee CS
Operasi Patuh Intan 2021 di HST

HST

Operasi Patuh Intan 2021 di HST, Personel Gabungan Disiagakan
pascabanjir HST

HST

Pascabanjir HST, Disperkim Bangun Huntara di 2 Kecamatan Terdampak
Korban Tenggelam

HST

Dua dari Tiga Korban Tenggelam di Bendungan Batang Alai HST Ditemukan!

HST

Pemkab HSS Ramah Tamah Bersama Letkol Inf Nurlewedie Nurdin Kanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com