Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Tahun Depan, Tiga Prodi D2 Poliban Banjarmasin Dibuka

- Apahabar.com     Rabu, 17 November 2021 - 15:56 WITA

Tahun Depan, Tiga Prodi D2 Poliban Banjarmasin Dibuka

Politeknik Negeri Banjarmasin bakal membuka tiga program D2 mulai tahun 2022. Foto-apahabar/Syaiful Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) bakal membuka tiga program studi (prodi) baru Diploma II (D2) jalur cepat (fast track).

Ketiga prodi tersebut yakni D2 Tata Cara dan Pemeliharaan Preventif Alat Berat, D2 Akutansi dan Administrasi Perpajakan, serta D2 Pengembangan Aplikasi Bergerak.

Direktur Poliban Joni Riadi bilang program jalur cepat ini ditarget mulai membuka penerimaan calon mahasiswa baru pada Desember 2021.

Dia bilang saat ini pengajuan sedang berproses di Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud Ristek.

“Jadi, tahun 2022 sudah ada mahasiswanya,” ucapnya kepada apahabar.com, Rabu (17/11).

Diketahui, program ini merupakan terobosan baru dari Kemendikbud Ristek. Selain untuk menambah daya tarik pendidikan vokasi, juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih waktu pendidikan sesuai keinginan.

“Jadi lulusan D2 ini nanti diarahkan bisa bekerja di industri sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan masing-masing,” kata Joni.

Dia memprediksi peminat program D2 di Poliban ini disambut antusias. Pasalnya, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan berbagai SMK.

“Kemaren banyak SMK yang bilang ingin memasukan lulusannya ke jalur cepat ini. Paling banyak ada di Tata Cara dan Pemeliharaan Preventif Alat Berat,” ujarnya.

Selain D2, Poliban juga meningkatkan sejumlah Prodi D3 menjadi sarjana terapan (D4). Ini juga merupakan terobosan dari Kemendikbud Ristek.

Joni berharap lewat dua program ini, angka pengangguran di Kalsel lebih berkurang dan lulusan Poliban sudah siap berkecimpung di dunia industri.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ketatkan Protokol, Masjid Agung Tanbu Gelar Salat Id
apahabar.com

Kalsel

Ready Kambo Terima Kunjungan Komisi III DPRD Kalsel
Qinfa

Kalsel

Lewat Bawah Tanah, PT Qinfa Siap Menambang di Sungai Durian Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu: 1 Pasien Sembuh, Positif Nihil
apahabar.com

Kalsel

Ramalan BMKG: Hujan Lokal 8 Wilayah Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Gang Sederhana, Anggota DPRD Banjarmasin Siap Bantu Seragam Sekolah
Dinas Sosial

Kabupaten Banjar

Duh, 5 Bulan Insentif Tagana Banjar Dipotong Dinas Sosial

Kalsel

Duel Maut di Sungai Tabuk, Pria Tewas di Tangan Suami Mantan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com