Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Tanggapi Aksi Penolakan, Ketua DPW TBBR Kalteng Sebut Ormasnya Sah!

Aksi damai yang dilakukan oleh puluhan organisasi massa (ormas) Dayak di Bundaran Besar Palangka Raya, pada Jumat (26/11) lalu mendapatkan
- Apahabar.com     Senin, 29 November 2021 - 00:04 WITA

Tanggapi Aksi Penolakan, Ketua DPW TBBR Kalteng Sebut Ormasnya Sah!

Suasana aksi damai penolakan TBBR Kalteng waktu lalu di Bundaran Besar Palangka Raya. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Aksi damai yang dilakukan oleh puluhan organisasi massa (ormas) Dayak di Bundaran Besar Palangka Raya, pada Jumat (26/11) lalu mendapatkan tanggapan dari Ketua DPW TBBR Kalteng, Agus Sanang.

Terkait aksi penolakan tersebut, Ketua DPW TBBR Kalteng, Agus Sanang memberikan tanggapan dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Dalam tanggapannya, Agus Sanang menyatakan bahwa TBBR adalah ormas yang sah dan berbadan hukum serta memiliki legalitas berdasarkan SK Menkumham RI.

Dirinya juga menyatakan bahwa pengurus DPW TBBR Kalteng juga telah memiliki surat dari Kesbangpol Kabupaten Kotawaringin Timur sejak 2019 lalu.

Terkait tuduhan ormas TBBR Kalteng melalui orasi aksi damai yang dilakukan oleh puluhan ormas Dayak di Bundaran Besar Palangka Raya waktu lalu, yang menyebutkan TBBR tidak melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan Dewan Adat Dayak (DAD) di Kalteng.

Agus Sanang menegaskan pihaknya sudah melakukan itu dan sudah bertemu dengan pemerintah terkait dalam kepengurusan legalitas.

“Saat ini pengurus ormas TBBR Kalteng sudah tersebar di 12 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Kalimantan Tengah serta memiliki ribuan anggota,” terangnya.

Sementara, untuk berkoordinasi dengan DAD dan lembaga adat dayak lainnya, Agus Sanang menjelaskan bahwa ormas TBBR adalah sebagai ormas yang berbadan Hukum yang bergerak sesuai misi dan misinya yaitu mejadi benteng pertahanan Adat Dayak dan pelestarian budaya Dayak.

“TBBR berdiri secara mandiri, dan tidak berada di bawah DAD atau lembaga lainnya,” tegas Agus Sanang.

Lebih lanjut dikatakannya, seluruh pengurus ormas TBBR adalah putra putri asli Kalteng yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya tidak mengubah budaya, tradisi dan keyakinan yang ada.

“Tidak sedikit pun ada yang mengubah, seperti yang dituduhkan. Kami mengikuti TBBR yang berpusat di Kalimantan Barat, semuanya berjalan normal dan tidak berubah,” jelasnya.

Menanggapi sejumlah orasi yang dilakukan oleh ormas gabungan di Bundaran Besar Palangka Raya beberapa waktu lalu, Agus Sanang mengatakan hanyalah pembentukan opini yang tidak berdasar.

“Kami dari TBBR Kalteng mendesak pemeritah untuk meninjau kembali izin yang dimiliki ormas yang terlibat dalam aksi tersebut, dan pihak Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah untuk mengusut tuntas otak dari aksi yang menolak kehadiran TBBR tersebut. Dalam waktu dekat kami juga akan membuat laporan ke pihak kepolisian dengan sejumlah bukti-bukti yang sudah kami kumpulkan,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Dishub Kapuas

Kalteng

Dishub Kapuas dan Satpolair Sidak Feri Penyeberangan Mandomai
apahabar.com

Kalteng

Pasien Umum Dikenakan Tarif Saat Tes Swab di RS Sylvanus Doris
apahabar.com

Kalteng

Petugas Gagalkan Percobaan Bawa HP ke Lapas
vaksin covid-19

Kalteng

Sejumlah Pejabat di Kapuas Kembali Disuntik Vaksin Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Kenang Jasa Pahlawan, Pengendara di Palangka Raya Diajak Heningkan Cipta

Kalteng

Gelontorkan Rp 18,8 Miliar, Kementerian PUPR Bangun Rusun Polda Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Ikut-ikutan Demo, Puluhan Pelajar di Kalteng Kena Ciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

Dirut PDAM Muara Teweh Ancam Denda Rp 2 Juta Bagi Pelanggan Nakal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com