Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Tengah Naik Daun, Porang Terus Dikembangkan di Pulau Laut Kotabaru

- Apahabar.com     Selasa, 23 November 2021 - 19:28 WITA

Tengah Naik Daun, Porang Terus Dikembangkan di Pulau Laut Kotabaru

Tanaman Porang mulai dikembangkan di Pulau Laut Kotabaru. Foto: Sutrisno for apahabar.com

apahabar.com, KOTABARU – Tanaman porang yang tengah naik daun ini nampaknya bakal terus dikembangkan di wilayah Pulau Laut, Kotabaru.

Hal tersebut terbukti dari mulai ditanaminya pohon bibit porang di sejumlah titik di Bumi Sa Ijaan. Termasuk, di kawasan wisata Gunung Mamake, Selasa (23/11).

Puluhan ribu pohon bibit porang tersebut merupakan bantuan dari PT Arutmin Indonesia. Sementara, penamanan dihadiri unsur Muspida, Muspika, kelompok tani, dan undangan lainnya.

Sutrisno, Ketua Asuhan Pemberdayaan Porang Indonesia (Aspeporin) Kotabaru, mengapresiasi langkah atau kepedulian Bagian Community Development/Capital Sosial Responsibility PT Arutmin Indonesia Kotabaru.

Perushaan telah memberikan bantuan bibit tanaman porang berupa (bulbil/katak) untuk dibudidayakan atau dikembangkan oleh masyarakat petani. Khususnya, di Desa Gedambaan-Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru.

“Nah, ini bisa menjadi cikal bakal budidaya porang yang berkelanjutan dan intensif di Pulau Laut Kotabaru,” kata Tris, sapaan akrabnya, Selasa (23/11) malam.

Tris menerangkan, review yang berkesan pada seminar nasional porang pada 14 Maret 2020 di Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dari sana, setiap tanggal 14 Maret juga telah dicanangkan sebagai hari Porang.

Dikatakannya, kesan lainnya yang cukup bernilai ialah, yang dijelaskan Direktur Jendral Akabi (Aneka Kacang dan Umbi Umbian) Kementerian Pertanian.

Dijelaskan Direktur kala itu, bahwa lewat porang sebagai salah satu umbi umbian dapat mbalikan kejayaan rempah dan pangan nusantara di mata dunia. Tentunya, ketahanan pangan juga turut secara signifikan mendukung ketahanan bangsa, dan negara.

Tris bilang, sudah menjadi kewajaran bahwa, pembangunan memerlukan partisipatif seluruh masyarakat dan komponen bangsa.

Demikian pula dengan membangunan di bidang ketahanan pangan, yang pada gilirannya juga sangat menentukan nasib perjalanan berbangsa dan bernegara.

Diharapkannya, semoga bantuan bibit porang menjadi berkah, dan berguna bagi para petani Porang yang menerima khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Dalam kesempatan ini, kami dari Aspeporin sangat mengapresiasi, dan berterimkasih atas bantuan bibit porang dari Arutmin ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penanaman porang ini, Dandim 1004/Kotabaru, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, serta perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Ir Hairudin, Gapoktan, serta undangan.

Selain itu, pihak manajemen PT Arutmin Indonesia NPLCT Efdil H (CDEA Officer) Yogi A.P. Mendra (CDEA Supervisor).

 

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel

BREAKING! Tim Advance Pak Jokowi Tiba di Bandara Syamsudin Noor
apahabar.com

Kalsel

Dihantam Gelombang Tinggi, Dua Nelayan Kotabaru Ditemukan Mengapung di Laut
apahabar.com

Kalsel

Geger, Pasien Berobat di RS Ulin Meninggal Mendadak
apahabar.com

Kalsel

Utamakan Edukasi, Satlantas Polres HST Tegur 50 Pengendara

Kalsel

Refleksi Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf di Banjarmasin: Massa Aksi Terus Mengalir
apahabar.com

Kalsel

Gubernur Kalsel Umbar Janji Copot Jabatan Kadis ESDM, Kenapa?  

Kalsel

Peringati HUT Alumni AKABRI 98, Ribuan Warga Kalsel Divaksinasi

Kalsel

Mahasiswanya Dipolisikan, Wakil Rektor ULM Banjarmasin Penuhi Panggilan Polda Kalsel Esok
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com