Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Varian Covid Omicron Masuk Eropa

- Apahabar.com     Minggu, 28 November 2021 - 07:31 WITA

Varian Covid Omicron Masuk Eropa

Ilustrasi. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Varian Covid-19, Omicron dilaporkan masuk ke sejumlah negara di Eropa. Negara-negara tersebut langsung intensif melakukan tes pengurutan keseluruhan genom (whole genome sequencing/WGS) untuk mendeteksi risikonya.

Mengutip CNN Indonesia, Minggu (28/11), dalam dua hari terakhir sejumlah negara Eropa mengumumkan ada pasien yang terinfeksi varian baru Covid-19 yang berasal dari selatan Afrika itu.

Belgia menjadi negara pertama di Eropa yang mengumumkan telah mendeteksi kasus Omicron atau varian B.1.1.529 dari Afrika itu.

Pihak berwenang menuturkan kasus Covid-19 varian Botswana itu menjangkit seorang perempuan dewasa muda yang belum divaksinasi. Pasien tersebut baru tiba dari dari Mesir melalui Turki. Setelah 11 hari kembali, ia mengalami gejala ringan seperti flu. Pasien tersebut kemudian dites dan dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (22/11).

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengumumkan bahwa klub malam, bar, serta restoran harus tutup pukul 11 malam. Kapasitas tempat tersebut juga dibatasi maksimal enam orang per meja selama tiga minggu ke depan.

Kemudian di negara tetangganya, Belanda, segera melakukan langkah terhadap dua penerbangan dari Afrika Selatan pada Jumat lalu. Total ada 61 orang dari dua penerbangan itu yang melewati pengujian lebih lanjut untuk melihat apakah mereka terinfeksi dengan Covid-19 varian Botswana atau Omicron yang baru ditemukan.

Otoritas kesehatan Belanda (DGD) pada Sabtu (27/11) menyatakan mungkin saja ada di antara 61 dalam penerbangan itu yang positif Covid-19 itu terjangkit Omicron. Para penumpang dalam penerbangan itu sendiri menjalani karantina di sebuah hotel dekat bandara Schiphol, Amsterdam.

Sebagai langkah lanjut bagi mereka yang positif wajib karantina di hotel selama tujuh hari bila menunjukkan gejala, dan lima hari jika tak ada gejala. Sementara penumpang yang hasil tesnya negatif harus tetap di Belanda, dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Inggris mengonfirmasi dua kasus varianCovid-19, Omicron. Dua pasien yang diketahui terjangkit varianCovid Omicron itu diketahui baru melakukan perjalanan dari selatan Afrika. Satu kasus terdeteksi di Inggris tengah yakni kota Nottingham dan lainnya di Chelmshofrd, timur London.

“Dua kasus ini terkait dan ada sebuah hubungan dengan perjalanan ke selatan Afrika,” demikian pernyataan resmi pemerintahan Inggris seperti dikutip dari AFP, Sabtu (27/11).

Pada Sabtu (27/11), Jerman mengumumkan konfirmasi dua kasus varian Covid-19 Omicron. Pasien itu diketahui tiba dari penerbangan Afrika Selatan ke Bandara Munich, Jerman.

“Dua suspek kasus varian virus baru Omicron yang diklasifikasi oleh Badan Kesehatan Dunia sebagai variant of concern telah dikonfirmasi di Bavaria,” demikian pernyataan Kemenkes di negara bagian selatan Jerman.

Jubir Kemenkes mengatakan dua suspek itu proaktif memberitahukan kondisinya ketika mendapat kabar soal varian dari kawasan Afrika. Selain di Bavaria, di negara bagian Hesse, otoritas juga mendapati suspek Omicron dari orang yang baru melakukan perjalanan di Afrika Selatan.

Pemerintah negara pizza itu mengumumkan konfirmasi kasus Omicron pertama pada Sabtu lalu. Kasus Omicron nomor satu di Italia itu diketahui baru saja melakoni perjalanan ke Mozambik.

Italia juga telah melakukan pelarangan masuk bagi mereka yang datang dari selatan Afrika. Penerbangan-penerbangan dari wilayah itu pun sudah dibatalkan. Sementara bagi penduduk Italia yang dalam dua pekan ke belakang melakoni perjalanan ke Afrika bagian selatan itu diminta melapor ke petugas setempat, melakukan isolasi 10 hari, dan dites Covid kembali..

Rumah sakit regional di sebuah kota bagian utara Ceko, Liberec, mengonfirmasi infeksi varian Omicron pada seorang pasien perempuan. Perdana Menteri Ceko Andrej Babis mengatakan perempuan itu diketahui baru melakoni perjalanan ke Namibia. Ia kembali ke Ceko via Afrika Selatan dan Dubai.

Babis mengatakan perempuan itu sendiri telah lengkap divaksinasi Covid, dan diketahui sejauh ini bergejala ringan saja.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Penuh Batu Permata, Bumi Super Baru Ditemukan Ilmuwan Eropa
apahabar.com

Global

Ribuan Warga Unjuk Rasa Menentang Icerd di Malaysia
apahabar.com

Global

Wow! Raup Penghasilan Rp 314 M, Bocah 7 Tahun Jadi YouTuber Terkaya
apahabar.com

Global

Presiden Ini Pilih Hidup Sederhana Demi Rakyat
apahabar.com

Global

COP 24 di Polandia: WALHI Sumatera Soroti Pembangunan PLTU
apahabar.com

Global

Australia Seharusnya Tak Akui Yerusalem Barat

Global

Kenali 7 Gejala Terpapar Virus Corona Baru Inggris
Airbnb siap tampung puluhan ribu pengungsi Afghanistan. Foto-Net

Global

Puluhan Ribu Pengungsi Afghanistan Akan Ditampung Airbnb
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com