Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Varian Omicron Muncul di Afrika, AS Larang Turis dari 8 Negara

- Apahabar.com     Sabtu, 27 November 2021 - 20:50 WITA

Varian Omicron Muncul di Afrika, AS Larang Turis dari 8 Negara

Varian Covid-19, yang dikenal sebagai B.1.1.7, diidentifikasi di Inggris akhir tahun lalu dan telah menjadi jenis yang paling umum di Amerika Serikat. Foto-AFP via Beritasatu.com

apahabar.com, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) akan melarang masuknya pelancong dari delapan negara di Benua Afrika bagian selatan.

“Pelarangan itu diberlakukan mulai pekan depan karena kekhawatiran tentang varian Covid-19 baru yang ditemukan di negara Afrika Selatan,” kata Presiden Joe Biden, Jumat (26/11) waktu setempat, seperti diwartakan Antara.

Pembatasan tersebut, menurut seorang pejabat pemerintahan Joe Biden, mulai berlaku Senin (29/11), tidak berlaku untuk warga AS dan penduduk tetap yang sah.

Amerika Serikat termasuk di antara negara-negara di seluruh dunia yang segera menangguhkan perjalanan dari Afrika Selatan karena berita tentang varian baru, bernama omicron.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut omicron “memprihatinkan.”

Pembatasan berlaku untuk Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi. Sebagian besar warga negara non-AS yang telah berada di negara-negara tersebut dalam 14 hari sebelumnya tidak akan diizinkan masuk ke Amerika Serikat.

“Sebagai tindakan pencegahan sampai kami memiliki lebih banyak informasi, saya memerintahkan pembatasan perjalanan udara tambahan dari Afrika Selatan dan tujuh negara lainnya,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Pembatasan baru ini akan berlaku pada 29 November. Saat kami bergerak maju, kami akan terus dipandu dengan saran dari sains dan tim medis saya.”

Pejabat administrasi lain memperingatkan bahwa Amerika Serikat dapat menambahkan beberapa negara ke daftar pembatasan jika variannya menyebar.

Delta Air Lines dan United Airlines keduanya terbang ke Afrika Selatan dan United akan melanjutkan penerbangan nonstop dari Newark ke Cape Town pada 1 Desember. Saham kedua maskapai ditutup anjlok lebih dari 8 persen pada Jumat.

Dalam pertemuan di Organisasi Perdagangan Dunia pada Jumat (26/11), Biden meminta kepada negara-negara yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk mengecualikan perlindungan kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 setelah ditemukannya varian baru.

“Berita tentang varian baru ini membuat lebih jelas dari sebelumnya mengapa pandemi ini tidak akan berakhir sampai kita memiliki vaksinasi global,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Beberapa pakar kesehatan masyarakat mengatakan Amerika Serikat belum cukup menyediakan vaksin di luar negeri, karena mempercepat suntikan vaksin dosis ketiga untuk warga AS.

Sebelumnya, pejabat senior AS untuk penyakit menular Dr. Anthony Fauci mengatakan Amerika Serikat bergegas mengumpulkan data tentang varian Covid-19 yang baru.

Butuh waktu berpekan-pekan bagi para ilmuwan untuk sepenuhnya memahami mutasi varian. Otoritas kesehatan berusaha untuk menentukan apakah omicron lebih menular daripada varian lain dan apakah vaksin efektif untuk melawannya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Taliban

Internasional

Taliban Dikabarkan Bunuh Wanita Afghanistan yang Tak Pakai Burqa
Kereta Barang Ekspor

Internasional

Kereta Barang Ekspor Turki-China Berangkat Perdana,Lewati Dua Benua dan Dua Laut

Internasional

Biden Serukan Taliban Penuhi Janji-janji Usai Tentara AS Ditarik
Singapura

Internasional

Duh, Singapura Konfirmasi Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona asal Inggris
apahabar.com

Internasional

Kerajaan Arab Saudi Persilakan Warga Asing Umrah, Simak Ketentuannya

Internasional

Hamas Tegaskan Perang Melawan Israel Terus Berlanjut Sampai Al-Aqsa Dibebaskan
apahabar.com

Internasional

Rayakan Hari Nasional ke-90, Arab Saudi Hadirkan Super Star di Konser Tiga Kota
Internasional

Internasional

Mulai 10 Agustus, Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jemaah Internasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com