Jelang Nataru, Palangka Raya Awasi Potensi Penimbunan Bahan Pokok Kejagung Tetapkan Seorang Pengacara Sebagai Tersangka Kasus LPEI Kaltim Raup Rp 19,8 M dari Pisang Kepok Gerecek di Expo Pangan Nusantara Respons Bupati Barito Timur Soal Warning Mensos Risma Terkait Banjir ‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai

Waspada! Ada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di 10 Wilayah Kalsel

- Apahabar.com     Senin, 1 November 2021 - 06:00 WITA

Waspada! Ada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di 10 Wilayah Kalsel

Ilustrasi hujan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca Kalsel, Minggu (31/10).

Dalam situs resminya, BMKG menginfokan sebagian wilayah Kalsel akan dilanda hujan disertai angin kencang.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang/sore hari,” tulis BMKG dalam situs resminya.

Sejumlah wilayah terdampak yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Kab. Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, dan Tanah Laut.

Di samping itu, sejumlah wilayah lainnya Hulu Sungai Selatan, dan Kotabaru juga berpotensi mengalami hal yang sama pada malam hari.

Sebelumnya, BMKG menyebut empat kabupaten/kota di Kalimantan Selatan berpotensi hujan lebat yang berdampak pada banjir/bandang.

Potensi hujan lebat ini berlaku pada 1 November 2021 pukul 07.00 sampai 2 November 2021 pukul 07.00 WIB.

Mengutip bmkg.go.id, empat kabupaten/kota tersebut adalah Barito Kuala, Banjarmasin, Banjar, dan Tapin. Tiga kabupaten/kota ditandai dengan siaga, sementara hanya kabupaten Tapin yang dikategorikan waspada.

BMKG juga menyebut secara luas ada enam wilayah yang berpotensi banjir dan banjir bandang pada periode tiga hari mendatang, salah satunya di wilayah Kalimantan Selatan.

“Untuk periode tiga hari mendatang, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak, wilayah yang berpotensi dampak banjir dan banjir bandang, dengan kategori SIAGA,” ujar Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, Minggu (31/10).

Enam wilayah yang dimaksud ialah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat di enam wilayah tersebut untuk melakukan persiapan antisipasi banjir. Antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola air.

Guswanto juga mengingatkan untuk tidak melakukan buang sampah sembarangan, pemotongan lereng atau tebang pohon.

“Melakukan penghijauan secara lebih masif. Lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi. Menggencarkan secara lebih masif sosialisasi, edukasi, dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

PWNU Kalsel Minta Aparat Usut Tuntas Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Kalsel

Kurangi Kematian Ibu-Anak, SHM-MAR Pilih Tingkatkan Dana Posyandu di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Kapolsek Banjarbaru Timur Pimpin Pengamanan Upacara Hari Kesaktian Pancasila
apahabar.com

Kalsel

150 Personel Siap Razia Kelotok ‘Bandel’
Simpan Sabu

Kalsel

Simpan Sabu, Jukir di Pelaihari Diringkus Polisi
Bansos Covid-19

Kalsel

Gelombang Masyarakat Miskin Kalsel Meningkat, PKS Sorot Bansos Covid-19

Kalsel

Dua Hari, Polda Kalsel Gulung Dua Budak Ratusan Gram Sabu
Save KPK

Banjarmasin

Siang Ini, Mahasiswa Kembali Gelar Aksi #SAVEKPK Jilid II
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com