Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Akes Jalan Diblokir, Warga Protes Perusahaan Karet di Banjarmasin

Ditutupnya akses jalan Gang Amal, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, menggunakan pagar seng diprotes warga setempat.
- Apahabar.com     Jumat, 17 Desember 2021 - 22:35 WITA

Akes Jalan Diblokir, Warga Protes Perusahaan Karet di Banjarmasin

Akses jalan warga Gang Amal, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin diblokir perusahaan karet. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ditutupnya akses jalan Gang Amal, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, menggunakan pagar seng diprotes warga setempat.

Dari penelusuran di lokasi tersebut, ternyata penutupan jalan dengan luas 1 meter itu dilakukan oleh PT Wilson Lautan Karet yang letaknya bersebelahan dengan gang tersebut.

Lantas hal itu membuat warga protes, pasalnya pihak perusahaan pengolahan karet yang berada di Jalan PHM Noor itu menutup akses jalan tanpa ada kesepakatan dengan warga alias sepihak.

“Memang pihak mereka (PT Wilson Lautan Karet) sudah membeli tanah di sekitar itu, tapi hanya luas tanah bangunan warga saja, jalan kan tidak dijual, terus siapa yang menjual jalan. Nah ini yang diklaim pihak perusahaan lalu ditutupnya,” kata salah satu warga setempat, Johansyah kepada media ini.

Lebih lanjut, ia mengharapkan adanya kompensasi dari pihak perusahaan. Terlebih jalan itu sudah digunakan puluhan tahun oleh warga sekitar.

“Perusahaan itu seperti tidak mau tau, bahkan RT sendiri pun tidak lapor dan mengetahui bahwa ada penutupan,” bebernya.

Diakuinya pihak perusahaan juga pernah datang meminta ke rumahnya agar jalan tersebut bisa ditutup agar proses pelebaran bangunan perusahaan bisa dilakukan.

“Kita tidak berani memberikan kesepakatan itu, karena jalan itu milik warga, kalau kita sepakati kita yang kena marah warga,” ucapnya.

Keluhan warga lain juga dirasakan Ibu Andri ia meminta jalan tersebut tetap ada, pasalnya jalan itu merupakan jalan alternatif terdekat.

“Ini menyangkut jalan orang banyak, masih perlu jalan ini untuk ibu-ibu yang tua pasti jalan ini, kalau keliling kan tambah jauh. Kondisi ditutup ini sudah 2 bulan,” tuturnya.

Hal senada juga dirasakan Ibu Yati saat melintasi jalan itu. “Harapanku jalan ini harus ada, yang jelas harus ada jalan ini, mau itu diberi pintu nantinya tidak masalah,” harapnya.

Terpisah Lurah Pelambuan Agus Sultoni mengatakan pihaknya sudah berupaya membantu warganya, termasuk memediasikan antara pihak perusahaan dan warga.

“Kita sudah 3 kali memfasilitasi mediasi antara warga dan perusahaan, tapi di mediasi terakhir kita sudah ada kesepakatan antara warga dan perusahaan, jika warga belum sepakat maka pihak perusahaan tidak boleh melakukan pengerjaan diarea sekitar itu,” katanya.

Adapun keinginan warga sekitar diharapkan bisa diakomodir oleh pihak perusahaan. “Kalau kita maunya pihak perusahaan mengakomodir keinginan warga termasuk soal kompensasi,” katanya.

Sementara itu, hingga berita ini dirilis, pihak PT Wilson Lautan Karet belum memberikan komentar apapun perihal penutupan tersebut.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Aulia Ramadhan Supit. Foto-Net

Banjarmasin

Yuk Donor! 200 Pendonor Pertama Dapat Souvenir Hingga Sembako
Banjarmasin

Banjarmasin

Habis Nyaris Miliaran, Banjarmasin Sasirangan Festival 2021 Malah Bikin Tekor

Banjarmasin

Viral Lurah Arogan di RM Podang Banjarmasin, Polisi: Proses Jalan Terus
Banjarmasin

Banjarmasin

Teror Pembakar Motor di Kelayan Banjarmasin, Pelaku Terancam Belasan Tahun Penjara
Banjarmasin

Banjarmasin

Kebakaran di Ratu Zaleha Banjarmasin: 2 Bangunan Hangus, Relawan Dilaporkan Luka Bakar
Hujan

Banjarmasin

Cuaca Kalsel Hari Ini, Hujan Berpetir Diperkirakan Landa Banjarmasin dan Marabahan
Donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin. Foto: Istimewa

Banjarmasin

Cerita Suharyanto, Warga Banjarmasin yang Rutin Donor Darah untuk Kesehatan
meninggal

Banjarmasin

Pria Sebatang Kara di Banjarmasin Selatan Ditemukan Meninggal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com