Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Amankan Malam Pergantian Tahun di Tabalong, Ratusan Petugas Gabungan Diturunkan

Pada malam pergantian tahun baru ini petugas gabungan akan melakukan penjagaan sejumlah titik yang rawan terjadinya kerumunan.
- Apahabar.com     Jumat, 31 Desember 2021 - 20:15 WITA

Amankan Malam Pergantian Tahun di Tabalong, Ratusan Petugas Gabungan Diturunkan

Petugas gabungan menggelar apel pengamanan malam Tahun Baru 2022 di Mapolres Tabalong. Foto: Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Meski wilayah di Kabupaten Tabalong untuk sementara tidak ada yang rawan, namun Polres Tabalong bersama instansi lainnya tidak ingin kecolongan pada perayaan malam pergantian Tahun Baru 2022.

Pada malam pergantian tahun baru ini petugas gabungan akan melakukan penjagaan sejumlah titik yang rawan terjadinya kerumunan.

Untuk memantapkan pengamanan perayaan tahun baru tersebut ratusan petugas gabungan dari Polres Tabalong, Kompi 621/Hikun, Kompi 2 Den B Pelopor, Dishub, Satpol PP, Basarnas Kabupaten Tabalong, Senkom Mitra Polri, KNPI dan Saka Bhayangkara Polres Tabalong mengikuti apel di halaman Mapolres Tabalong, Jumat (31/12) sore.

Apel gabungan dipimpin Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin diwakili Wakapolres Kompol Reza Bramantya.

Sementara yang bertindak sebagai perwira upacara AKP Asep R dan komandan apel Ipda Gigih S.

Wakapolres Kompol Riza Bramantya dalam membacakan amanat Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, mengatakan perayaan tahun baru adalah bagian dari tradisi masyarakat, baik beribadah, berkumpul dan bersuka cita bersama dengan keluarga.

“Ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas dan sebagai sarana penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Kata Riza, pada malam tahun baru ini dari data yang ada, sejumlah gereja atau rumah ibadah umat Nasrani melaksanakan ibadah malam tutup tahun.

Selain itu, ada beberapa lokasi yang dijadikan tempat berkumpul masyarakat seperti, taman giat kota Tanjung, taman 10 K Murung Pudak, persimpangan tugu obor Mabuun, Tanjung Expo Center dan Tanjung Bersinar Park.

Pada malam pergantian tahun baru ini mapping kerawanan yang terdapat prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi di antaranya, ancaman kelompok intoleran, radikalisme dan terorisme.

Aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19 maupun ancaman bencana alam seperti banjir sebagai dampak dari musim penghujan.

“Oleh karena itu, pengamanan malam tahun baru harus dilaksanakan secara optimal, kejahatan dan gangguan Kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi,” pesan Riza.

Riza bilang ketika pengamanan ini berhasil, maka masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah tutup tahun dan perayaan pergantian tahun dengan rasa aman dan nyaman.

“Pada pengamanan malam tahun baru ini, Polres Tabalong dengan dukungan TNI dan Pemkab Tabalong menurunkan 221 petugas gabungan,” bebernya.

Riza juga berpesan pada petugas pengamanan malam tahun baru untuk menjaga soliditas antar lembaga dan pemangku kepentingan. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan.

Jaga kesehatan baik mental maupun fisik selama pengamanan malam tahun baru. Niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan-rekan adalah wujud representasi negara di tengah-tengah masyarakat,” ingat Riza.

Selain itu, Riza juga berpesan agar mengawal dan mengawasi masyarakat yang merayakan ibadah tutup tahun dan perayaan malam tahun baru dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Mari kita jaga situasi kondisi Kamtibmas Kabupaten Tabalong agar tetap aman dan kondusif serta selalu menerapkan protokol lesehatan Covid-19,” pungkas Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin melalui Wakapolres Kompol Riza Bramantya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ciptakan Banjarmasin Kondusif, TNI Razia Balap Liar
Vaksin Covid-19

Kalsel

Kawal Ketat Hingga Puskesmas, Vaksin Covid-19 Kalsel Tiba Besok
apahabar.com

Kalsel

Dukung Airlangga Hartarto, Golkar Kalsel ‘Singgung’ Tol Banjarbaru-Batulicin hingga Rel Kereta Api
apahabar.com

Kalsel

BI Dorong Kalsel Jadi Kawasan Pengembangan Kopi Nasional
PUPR Banjarbaru

Banjarbaru

Pembangunan Kantor PUPR Banjarbaru Mencapai Hampir Rp 16 Miliar
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta
apahabar.com

Kalsel

GM, Oknum Petinggi KPU Banjarmasin Minta Jadi Tahanan Kota
apahabar.com

Kalsel

Sempat Disorot, Dinas Perpustakaan Tabalong Terapkan Protap Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com