Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Balikpapan Barat Rawan Kebakaran, 140 Rumah Hangus Dalam Setahun

Peristiwa kebakaran cukup rawan terjadi di Balikpapan selama tahun 2021 ini. Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menunjukkan kawasan Balikpapan Barat yang paling banyak dan terparah.
- Apahabar.com     Jumat, 31 Desember 2021 - 14:44 WITA

Balikpapan Barat Rawan Kebakaran, 140 Rumah Hangus Dalam Setahun

Kebakaran hebat di Balikpapan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran cukup rawan terjadi di Balikpapan selama tahun 2021 ini. Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menunjukkan kawasan Balikpapan Barat yang paling banyak dan terparah.

Diketahui selama tahun 2021 ini sudah empat kali kejadian kebakaran hebat di Balikpapan Barat yang menghanguskan lebih dari 100 rumah. Paling banyak terjasi ialah di kawasan Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat.

“Balikpapan Barat paling banyak terjadi. Di Gunung Bugis itu sudah tiga kali kalau nggak salah dan ada korban jiwanya,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno.

Diketahui peristiwa kebakaran hebat pertama terjadi pada 6 Juni 2021 di RT 2, 3 dan 4 Baru Ulu, Balikpapan Barat. Dalam kejadian ini sebanyak 31 rumah hangus terbakar dan 1 orang tewas terbakar di dalam rumah.

Menyusul kejadian kedua pada tanggal 17 Juni tak jauh dari lokasi kejadian pertama, yakni di RT 38 Kelurahan Baru Ulu. Dalam kejadian ini sebanyak 12 rumah hangus terbakar.

Terakhir pada tanggal 4 September kembali terjadi tak jauh dari lokasi sebelumnya, yakni di RT 40 Kelurahan Baru Ulu. Sebanyak 3 rumah hangus terbakar.

Terparah di kawasan Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat pada tanggal 15 Desember 2021 ini. Sebanyak 94 rumah hangus diamuk si jago merah. Dalam peristiwa ini sebanyak 474 jiwa dan 163 KK kehilangan tempat tinggal.

“Di Gunung Polisi yang paling besar dan paling banyak rumah yang terbakar,” tambah Suseno.

Penyebab kebakaran pun bermacam-macam, namun yang paling banyak ditemui ialah korsleting listrik dan kelalaian penghuni rumah dalam aktivitas memasak. Untuk itu Suseno mengimbau kepada masyarakat agar mengecek kembali instalasi listrik yang ada di rumahnya.

“Kalau ada kabel yang lama silahkan diganti, karena kabel itu ada usia maksimalnya. Diganti saja karena rawan terjadinya korsleting. Terus kalau ada kabel yang luka seger diperbaiki atau diganti, itu juga bahaya. Karena banyak rumah itu masih instalasi listrik yang lama, sudah lebih dari 10 tahun masih dipakai,” pungkasnya.

Berikut Data Kejadian Kebakaran Yang Terjadi di Kawasan Balikpapan Barat

1. 6 Juni 2021
TKP : Gunung Bugis RT 2, 3 dan 4 Kelurahan Baru Ulu
Dampak : 31 rumah, 1 korban jiwa

2. 17 Juni 2021
TKP : Gunung Bugis RT 38 Baru Ulu
Dampak : 12 Rumah

3. 4 September 2021
TKP : Gunung Bugis, RT 40 Kelurahan Baru Ulu
Dampak : 3 Rumah

4. 15 Desember 2021
TKP : Gunung Polisi, RT 47 Kelurahan Baru Ilir
Dampak : 94 Rumah

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pantai Loktuan

Kaltim

Seorang Pria Hilang Saat Berenang di Pantai Loktuan Bontang

Kaltim

Hari Kemerdekaan RI, Wali Kota Ajak Warga Balikpapan Lawan Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Tuan Rumah Rakernas Forsesdasi: Momen Kenalkan Pariwisata Kaltim

Kaltim

Badak Sumatera Ditemukan di Hutan Kaltim, Satu Lagi Masih dalam Pencarian

Kaltim

Duh, Hazmat Bekas Berserakan di TPU Khusus Covid-19 Balikpapan

Kaltim

Pemkot Balikpapan Salurkan BST Tahap Kedua ke Ribuan Penerima
Pencurian di Kos-Kosan

Kaltim

Spesialis Pencurian di Kos-Kosan Balikpapan Diringkus Tim Beruang Hitam
apahabar.com

Kaltim

Lagi, Pemprov Kaltim Bakal Resmikan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Surya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com