Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Banjarmasin Minim TPS Sampah, Jauh dari Kota Ramah Lingkungan

Kota Banjarmasin dipastikan jauh dari sebutan tidak ramah lingkungan, sebab sejumlah pasar tradisional dilaporkan minim mempunyai tempat pembuangan sementara (TPS) sampah.
- Apahabar.com     Rabu, 22 Desember 2021 - 14:10 WITA

Banjarmasin Minim TPS Sampah, Jauh dari Kota Ramah Lingkungan

Banjarmasin Minim TPS Sampah, TPS Sampah Banjarmasin, Disperdagin Banjarmasin, TPS Pasar Simpang Telawang, Pasar Pandu, Pasar Simpang Telawang, Pasar Sentra Antasari

apahabar.com, BANJARMASIN – Kota Banjarmasin dipastikan jauh dari sebutan tidak ramah lingkungan, sebab sejumlah pasar tradisional dilaporkan minim mempunyai tempat pembuangan sementara (TPS) sampah.

Tercatat dari 29 pasar, hanya 3 pasar yang memiliki lokasi penampungan sampah.

Seluruh pasar tersebut di bawah nauangan Pemkot Banjarmasin sesuai Perwali nomor 49 tahun 2017.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Banjarmasin, Ichrom Muftezar, mengatakan bahwa tak adanya TPS sampah tersebut akibat tidak adanya lahan yang dimiliki pasar.

“Karena kita harus melihat kondisi lahannya dulu. Kalau lahannya tidak memungkinkan terpaksa tidak bisa dibuatkan,” ujarnya.

Adapun ketiga pasar yang dimaksud tidak mempunyai TPS, adalah Pasar Pandu, Pasar Simpang Telawang dan Pasar Sentra Antasari.

Dari tiga pasar tersebut, menurutnya hanya Pasar Pandu yang TPS-nya memang khusus digunakan untuk menampung sampah dari pasar. Alhasil, kondisi tersebut membuat volume sampah di sana selalu membludak.

“Kalau TPS di Pasar Sentra Antasari tidak hanya para warga pasar yang membuang sampah di sana. Tapi juga jadi lokasi pembuangan sampah rumah tangga dari warga di delapan kelurahan sekitarnya,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengaku sudah menginstruksikan petugasnya untuk berjaga menjaga TPS sampah tersebut selama 6 jam secara bergantian.

“Mereka berjaga di lokasi TPS Pasar Simpang Telawang dari jam 12 sampai jam 3 siang. Kejadian ganti tim lagi dari jam 3 sampai jam 6 sore,” imbuhnya.

Penempatan petugas dari Disperdagin itu bertujuan untuk memberi edukasi kepada warga untuk tidak membuang sampah di luar TPS dan di luar waktu sudah ditentukan oleh Pemkot Banjarmasin, yakni mulai Pukul 18.00 WITA.

“Selain itu, kita juga berharap ada keterlibatan masyarakat, supaya bisa sama-sama menjaga baik dari warga dan pedagang yang mengedukasi warga yang membuang sampah pada tempat dan waktunya,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PTM

Banjarmasin

Aturan PTM di Banjarmasin Diperbaharui, Sekolah di Zona Oranye Sabar Dulu
ilustrasi. Foto-Istimewa

Banjarmasin

Penumpang Kapal Banjarmasin Harus Tunjukkan Bukti Negatif Covid-19
Banjarmasin

Banjarmasin

Pilu PPKM Level IV, Ribuan Karyawan Duta Mall Resmi Dirumahkan!
Satpol PP Banjarmasin melakukan penertiban tiga persil bangunan di sekitaran Jembatan HKSN, Banjarmasin Jumat (7/1/2022). Foto-apahabar.com/Bahaudin

Banjarmasin

Satpol PP Banjarmasin Ratakan 3 Persil Bangunan Jembatan HKSN, Pelaksana Proyek: Kita Laksanakan Pemancangan
Banjarmasin

Banjarmasin

Waspada! Banjarmasin Siap-Siap Air Pasang hingga 2,7 Meter
Tersangka penyalahgunaan Narkotika Tatang (27) beserta barang bukti. Foto-apahabar.com/Istimewa

Banjarmasin

Terciduk, Usai Cerai Pria Asal Banjarmasin Lakoni Bisnis Haram di Banjarbaru

Banjarmasin

SP3 Pengusaha Advertising, Pemkot Banjarmasin Siap Eksekusi Baliho Bando
PDAM Bandarmasih

Banjarmasin

Amankan Instalasi Sejak Dini, Kunci Ketenangan PDAM Bandarmasih Hadapi Curah Hujan Tinggi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com