Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Belum Ramah untuk Disabilitas, Wakil Dewan Kalsel Bicara Ini

Kalsel belum bisa dianggap ramah untuk penyandang difabel. Tak hanya di daerah, fasilitas itu pun belum banyak ditemui di ibu kota.
- Apahabar.com     Senin, 20 Desember 2021 - 23:03 WITA

Belum Ramah untuk Disabilitas, Wakil Dewan Kalsel Bicara Ini

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin sosialisasi Perda Disabilitas di Perpustakaan dan Kearsipan daerah Kalsel, KM 6 Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kalsel belum bisa dianggap ramah untuk penyandang difabel. Tak hanya di daerah, fasilitas itu pun belum banyak ditemui di ibu kota.

Padahal Kalsel sudah punya Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas yang teradministrasi dengan nomor 4 Tahun 2019.

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin mengungkapkan bahwa payung hukum tersebut sudah lengkap menjabarkan tentang hak bagi warga difabel di Banua.

“Dalam perda ini termasuk kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya, artinya sudah sesuai dimuat,” kata Politisi PDI Perjuangan Kalsel saat Sosialisasi Perda Disabilitas di Perpustakaan dan Kearsipan daerah Kalsel, KM 6 Banjarmasin, Senin (20/12).

Politisi muda ini mengatakan ada 600 ribu penyandang disabilitas di Banua, mereka harus berdampingan tanpa fasilitas yang ramah untuk mereka.

Untuk itu, dirinya akan menyampaikan hasil rekomendasi yang didapat dari hasil diskusi dengan berbagai pihak kepada pemerintah provinsi agar menjadi pedoman untuk segera dibuatkan Peraturan Gubernur.

Sementara itu, Founder Banjarbilitas, Barkatullah Amin mengungkapkan bahwa keberadaan Komite Disabilitas Daerah sebagai bentuk turunan dari Komite Nasional Disabilitas yang dibentuk Pemerintah Pusat.

Lembaga tersebut menurutnya tak hanya menjadi wadah bagi para penyandang disabilitas untuk pemenuhan haknya, tetapi juga aspek-aspek lainnya.

“Di situ nantinya ada fungsi pengawasan, evaluasi dan pendampingan untuk organisasi disabilitas, maupun SKPD dan swasta yang ada kaitannya dengan isu disabilitas.

Baik itu fasilitas, pekerjaan, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia juga menilai saat ini hampir belum ada daerah yang saling terhubung dalam memberikan dukungan untuk perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Terkait dengan Komite Disabilitas Daerah menurutnya juga sudah diatur dalam Perda Nomor 4 Tahun 2019 dan tinggal menunggu petunjuk teknis untuk realisasi pembentukan di daerah.

“Entah mau dalam bentuk seleksi atau rekomendasi dari OPD atau organisasi disabilitas lainnya,” pungkasnya.

Sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2019 yang dilaksanakan Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, M. Syaripudin digelar di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi di Jalan A. Yani Kilometer 6, Banjarmasin.

Kegiatan yang digelar secara hybrid atau dua cara, yakni tatap muka dan virtual, turut menghadirkan beberapa narasumber. Seperti Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Staf Khusus Presiden Joko Widodo yang juga penyandang disabilitas, Angkie Yudistia, serta Founder Banjarbilitas, Barkatullah Amin.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Perkara Akses Jalan ke Terminal Baru, Dewan Panggil PUPR
apahabar.com

DPRD Kalsel

Reses di Kotabaru, Paman Yani Dengarkan Keluhan Soal Jalan Desa
Pemprov Kalsel

DPRD Kalsel

Pemprov Kalsel 8 Kali Raih WTP, Simak Catatan dari BPK RI
apahabar.com

DPRD Kalsel

DPRD Kalsel Tandatangani 10 Dekrit Tuntutan Mahasiswa
Penyangga IKN

DPRD Kalsel

Menyongsong Kalsel Sebagai Penyangga IKN, Komisi III Kunker ke Tabalong
apahabar.com

DPRD Kalsel

Optimalisasi Pengelolaan Alur Sungai Barito, Komisi III Kalsel ke Pelindo
Setwan

DPRD Kalsel

Upaya Tingkatkan Kinerja, Setwan DPRD Kalsel Berguru ke Kalteng
Vaksinasi

DPRD Kalsel

Dewan Usul Mahasiswa Kalsel di Luar Daerah Prioritas Vaksinasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com